Lihat ke Halaman Asli

Imlek Selesai, Ribuan Penumpang Padati Pelabuhan Internasional di Batam

Diperbarui: 19 Februari 2018   11:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Suasana kepadatan penumpang di Pelabuhan Internasional Batam Center, Minggu (18/2) malam (Dokumentasi Pribadi)

Lonjakan arus balik di liburan Tahun Baru China atau Imlek 2018, terpantau mengalami peningkatan di sejumlah pelabuhan yang ada di Kota Batam, pada Minggu (18/2) malam sekitar pukul 20.00 WIB.

Dari pantauan di lokasi, sejumlah pelabuhan Internasional di Batam mengalami lonjakan penumpang yang baru saja menikmati liburan di Batam maupun dari Singapura dan Malaysia.

Kondisi ini terpantau 'mengular' di informasi pengecekan paspor di Pelabuhan Ferry Internasional Harbour Bay, Pelabuhan Internasiona Sekupang dan Pelabuhan Internasional Batam Center.

"Sejak siang hingga malam ini (Minggu), lonjakan arus penumpang dari Batam mau ke luar negeri, maupun sebaliknya terpantau mengalami peningkatan," kata Kepala Kantor Imigrasi Batam Lucky Agung saat melakukan pemantauan di sejumlah pelabuhan, Minggu (18/2).

Berdasarkan data yang dihimpun, hingga pukul 20.00 WIB untuk penumpang yang datang dari Singapura dan Malaysia ke Batam sebanyak 4.683 orang yang melalui Pelabuhan Internasional Harbour Bay.

Suasana kepadatan penumpang di Pelabuhan Internasional Batam Center, Minggu (18/2) malam (Dokumentasi Pribadi0

Sementara itu, sebanyak 4.106 penumpang yang tiba di Pelabuhan Sekupang. Di sisi lain, di pelabuhan Internasional Batam Center sebanyak 13.175 yang boarding, dan 2.933 orang yang masuk.

"Lonjakan penumpang di arus balik Imlek ini, membuat kami harus menambah personel yang bertugas. Mereka yang di bagian Office kita kerahkan ke sejumlah pelabuhan. Ada puluhan petugas tambahan. Setiap 2 jam bergantian," tambahnya.

Arus balik imlek ini, diperkirakan akan mengalami puncaknya hingga malam ini. Mengingat pada Senin (19/2), aktivitas perkantoran dan pusat bisnis sudah kembali berjalan normal.(Iman Suryanto)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline