GROBOGAN-Dalam upaya meningkatkan daya saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) , mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) 039 gelar program pendampingan pemasaran digital pada kamis (10/10/2024). Program ini fokus pada dua aspek utama, yaitu optimasi Google Maps dan pengembangan desain grafis.
Dengan memanfaatkan potensi besar Google Maps sebagai platform pencarian lokal, UMKM diharapkan mampu meningkatkan visibilitasnya secara online. Pendampingan meliputi cara mendaftarkan bisnis di Google Maps, optimasi profil bisnis, hingga strategi memanfaatkan fitur-fitur yang ada untuk menarik pelanggan potensial.
Pembuatan Google Maps akan memudahkan pelanggan untuk menemukan lokasi toko dengan cepat dan akurat, terutama bagi mereka yang baru pertama kali berkunjung.
Dan peta ini juga dilengkapi dengan informasi lengkap mengenai produk yang dijual, jam operasional, dan nomor kontak yang memudahkan pelangan untuk mencari informasi dalam melakukan pemesanan.
Pemberian banner pada UMKM bertujuan untuk meningkatkan visibilitas merek usaha, mempromosikan produk dan menyampaikan informasi mengenai UMKM. Banner didesain untuk memperkuat identitas merek dengan menonjolkan elemen visual yang konsisten, mendorong respons aktif dari pelanggan dan memaksimalkan dampak pemasaran.
Sehingga lebih banyak orang dapat melihat dan merespons informasi atau promosi yang disampaikan melalui banner tersebut. Diharapkan dari beberapa tahapan diatas, dapat membantu agar UMKM Berkah Gemilang bisa lebih maju dan lebih ramai pembeli.
Program pendampingan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata bagi peningkatan kinerja UMKM di kelurahan Grobogan. Dengan meningkatnya visibilitas online dan kualitas desain produk, UMKM diharapkan mampu menjangkau pasar yang lebih luas, meningkatkan penjualan, dan pada akhirnya berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi lokal.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H