Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa PMM UMM, Berkolaborasi Bersama UMKM untuk Meningkatkan Pemasaran Produk UMKM Melalui E-Commerce

Diperbarui: 23 Februari 2024   21:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi sosialisasi bersama pemilik UMKM

Pengabdian Masyarakat oleh  Mahasiswa (PMM) Bhaktiku Negeri Universitas Muhammadiyah Malang Gelombang 5 Kelompok 64 melaksanakan program kerja yaitu Membantu Pembuatan akun E-Commerce dan Pelatihan Cara Penggunaaannya kepada UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Desa Ampeldento, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

UMKM sendiri memilki peran penting dalam menggerakan ekonomi nasional. Desa Ampeldento memiliki berbagai macam UMKM yang sudah berjalan sejak lama. Beberapa produk UMKM tersebut antara lain berupa Susu Kedelai yang di produksi oleh Home Industri Rosida Jaya, Keripik Singkong Pak Isnandi, dan Olahan Telur Asin seperti kerupuk dan botok.

UMKM yang ada di Desa Ampeldento tersebut sudah berjalan sejak lama, namun konsumen yang merasakan produk UMKM tersebut masih dalam skala terbatas. Oleh karena itu, melalui kegiatan ini, Kelompok 64 berharap dapat menjadi wadah untuk membantu UMKM memasarkan produknya ke konsumen dengan skala yang lebih besar, meningkatkan omzet penjualan serta memberikan pengetahuan mengenai dampak yang akan dirasakan dengan melakukan penjualan melalui E-Commerce.

E-Commerce dapat menjadi solusi untuk  kemajuan dalam proses mengembangkan UMKM. Untuk membantu meningkatkan keahlian dalam mengelola E-Commerce, Kelompok 64 memulai dengan memaparkan berbagai keuntungan dan manfaat yang akan dirasakan dalam menggunakan E-Commerce. Hal itu yang kemudian bisa menjadi acuan untuk para pelaku UMKM dalam meningkatkan penjualannya di E-Commerce.

Pembuatan dan cara pengelolaan akun e-commerce

Melalui kegiatan tersebut Kelompok 64 mengajarkan topik yang paling dasar, mulai dari cara mendaftarkan akun untuk membuka toko di E-Commerce, mengelola toko online, meningkatkan pesanan dengan menggunakan berbagai fitur, hingga bagaimana cara menjangkau pembeli yang lebih luas.

Program kerja tersebut dilakukan dengan harapan produk UMKM Desa Ampeldento  juga harus melakukan berbagai inovasi-inovasi baru dalam menciptakan produk yang berkualitas dan dapat dipasarkan di E-Commerce. Hal itu bertujuan agar produk tidak hanya dapat dinikmati oleh masyarakat yang ada di sekitar Desa Ampeldento saja, tapi juga dapat dirasakan oleh masyarakat dimana saja. 

Laman akun e-commerce UMKM Keripik Singkong/dokpri

Kegiatan yang berlangsung kurang lebih 2 jam ini kemudian diakhiri dengan sesi tanya jawab seputar E-Commerce dari UMKM. Ucapan terimakasih serta doa juga turut di ucapkan oleh pemilik UMKM. "Terimakasih atas Ilmu yang ditularkan kepada kami, mudah mudahan ini bermanfaat bagi kami dan kedepannya usaha kami semakin maju" ujar Yusman, pemilik UMKM Susu Kedelai Home Industri Rosidah Jaya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline