Lihat ke Halaman Asli

Penerapan Teori Kognitif Gagne dalam Mata Pelajaran IPS Terpadu SMP

Diperbarui: 4 November 2023   15:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: CoureArc.com

Salah satu pilar utama dalam perkembangan masyarakat dan individu adalah pendidikan. Di SMP, pengajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) terpadu adalah komponen penting dari kurikulum. Mata pelajaran ini sangat penting untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang berbagai aspek geografi, sosial, dan sejarah yang terkait dengan dunia mereka. Penerapan teori kognitif Gagne menjadi relevan dan bermanfaat dalam upaya meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran IPS terpadu di SMP.

Teori Kognitif Gagne

Teori Kognitif Gagne, yang diusulkan oleh Robert Gagne pada pertengahan abad ke-20, berfokus pada proses pembelajaran. Teori ini menunjukkan bahwa siswa harus melalui berbagai langkah untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan (Tarihoran et al., 2021). Menurut (Al-Mahiroh & Suyadi, 2020) teori ini terdiri dari delapan tahap utama, yaitu:

  1. Memperhatikan

  2. Menginformasikan tujuan belajar

  3. Pedoman

  4. Meberikan feedback

  5. Mengingat

  6. Problem solving

  7. Menyusun skill

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline