Apakah kalian pernah berpikir bagaimana manusia menjadi individu yang cerdas dan memiliki wawasan yang luas? Jawabannya yaitu melalui proses pembelajaran. Proses belajar adalah hal yang begitu menarik. Dalam proses belajar, terdapat teori belajar yang menjadi dasar bagaimana manusia mendapatkan wawasan, skill, karakter, sikap, dan perilaku. Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi tentang pengantar teori belajar yang menjadi kunci untuk membentuk kecerdasan dan karakter manusia.
Menurut Gagne (1948) dalam Dahar (2011), Belajar didefinisikan sebagai proses yang dilewati makhluk melalui pengalaman sehingga dia dapat merubah perilakunya. Dalam Buku Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran karya Prof. Dr. Ratna Wilis Dahar, ada beberapa definisi belajar, antara lain sebagai berikut:
Belajar adalah sebuah proses yang terjadi pada suatu organisme sehingga menghasilkan perubahan perilaku.
Belajar membuat setiap organisme berperilaku dan berpikiran terbuka.
Belajar merupakan hasil dari pengalaman
Selain menyebabkan perubahan perilaku, belajar juga menyebabkan seseorang semakin memiliki tingkat kematangan yang tinggi.
Dari definisi diatas, dapat disimpulkan bahwa belajar adalah proses berubahnya perilaku suatu makhluk yang disebabkan oleh pengalaman di lingkungan yang terjadi hubungan antara hubungan dan respon.
Dalam proses belajar, terdapat beberapa bentuk. Menurut Gagne (1984) dalam Dahar (2011), terdapat lima bentuk belajar, yaitu:
Belajar responden
Suatu stimulus akan menimbulkan respon. Oleh karena itu, pendidik akan memberikan stimulus yang baik kepada siswa agar mereka dapat belajar untuk memberikan respon yang diinginkan.
Belajar kontiguitas