Lihat ke Halaman Asli

Raisa Amalia

mahasiswa

"Us" Film Ber-Genre Thriller yang Mengangkat Tema Doppelganger

Diperbarui: 15 September 2024   12:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Film. Sumber ilustrasi: PEXELS/Martin Lopez

Film "US" merupakan salah satu film horror terbaik pada tahun 2019 lalu. 

Film yang ditulis oleh Jordan Peele ini mengangkat tema yang tak biasa yaitu Doppelganger atau orang dengan wajah yang sama tetapi tidak ada hubungan biologis

Film ini bercerita tentang Keluarga Wilson yang terkena teror saat sedang liburan musim panas dirumah Adelaide Wilson (Lupita Nyong'o ).

Sinopsis

Ceritanya bermula ketika Adelaide Wilson (Lupita Nyong'o) kembali dihantui trauma masa kecilnya saat bertemu dengan Doppelganger-nya.

Sang suami, Gabe Wilson ( Wiston Duke) kemudian mengajaknya pulang kampung sekaligus berlibur di pantai Santa Cruz, tempat Adelaide menghabiskan masa kecilnya. Gabe ingin mengajak Adelaide bersenang-senang untuk mengatasi traumanya ini.
Namun liburan keluarga yang semula menyenangkan ini berubah menjadi petaka ketika malam datang.

Sekelompok orang datang dan menyerang rumah yang disewa keluarga Wilson. Tak hanya keluarga Wilson, muncul pula kelompok lain yang juga menyerang keluarga Tyler. Juga semua pengunjung yang sedang berlibur di Pantai Santa Cruz. Rupanya penyerang ini miliki wajah yang sama dengan anggota keluarga Wilson. Sekelompok doppelganger ternyata selama ini tinggal di dunia bawah manusia pada umumnyaDoppelganger tersebut  memakai baju warna merah dan membawa senjata tajam seperti gunting, pisau dll. Mereka membunuh orang-orang disana karena ingin menguasai dunia atas yaitu dunia manusia. Banyak orang terbunuh oleh Doppelgangernya sendiri. 

Seluruh kota menjadi kacau balau karena kedatangan para doppelganger. Adelaide dan keluarganya pun harus berjuang melawan teror para doppelganger untuk menyelamatkan diri mereka. 

Di awal film, penonton diberitahu bahwa doppelganger tidak bisa berfungsi sebagai manusia lain. Pasalnya, mereka tidak memiliki jiwa, karena para peneliti tidak menemukan cara untuk mengkloning jiwa manusia. 

Itulah sebabnya Red, doppelganger Adelaide, menggantikan Adelaide saat kecil dan tumbuh layaknya manusia biasa.

Namun, doppelganger lainnya tidak dapat hidup seperti Red karena mereka tidak dapat membunuh dan mengganti tubuh aslinya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline