Lihat ke Halaman Asli

MuWI ID

tidak bekerja

Menggali Potensi dari Pemberdayaan Jamur Merang Hitam di Desa Bedadung

Diperbarui: 16 Agustus 2024   06:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1.1 dokumentasi pribadi / jerami jamur merang hitam

Pak Maulana adalah seorang pembudidaya merang hitam di desa Bedadung kesuksesannya di raih berkat keteguhan dalam menjalankan bisnis tersebut. Beliau, sempat menceritakan asal mula bisnis tersebut berjalan, mengenai harga ia juga menjelaskan bahwa jamur merang hitam miliknya seharga 20 ribu hingga 30 ribu perkilogramnya, sedangkan untuk pemasarannya sendiri pak Maulana memiliki pasar tetap, pak Maulana juga menjelaskan mengenai bahan yang dibuat dalam proses pembuatan nutrisi memiliki formula tersendiri yang tidak bisa diungkapkan secara terbuka atau rahasia.

DalamDalam kegiatan kali ini kami dari kelompok KKN 175 berkesempatan untuk mengikuti proses mulai dari pembibitan, penkabutan atau kawin silang atau pemberian nutrisi, lalu pembuatan ventilasi udara hingga proses pemanenan. Pada proses penkabutan tersebut pak Maulana menjelaskan jerami jerima yang digunakan harus matang , mematangkan jerami tersebut dengan cara dibasahi dengan air secara merata lalu di tutup menggunakan kain mota yang tebal, ketika jerami sudah matang dilakukan pembenihan atau pembibitan, lalu proses pembibitan ditunggu 4 sampai 6 hari, setalah itu penkabutan kedua menggunakan nutrisi tetapi hanya di jeraminya saja yang di beri nutrisi karena terdapat bibit jamur merang hitam disitu prosesn ini bisa juga bisa disebut dengan perkawinan silang agar bisa tumbuh dengan sempurna, dalam proses penkabutan juga perlu menunggu 4 sampai 6 hari. 

1.2 dokumentasi pribadi / jamur merang hitam yang sudah panen

Setelah melakukan proses pembibitan dan penkabutan, kurang lebih 8 sampai 12 hari lamanya baru bisa melakukan proses pemanenan. Dalam proses panen , pemanenannya bisa dilakukan hingga 1 bulan jika jamurnya kuat.  Untuk penjulan jamur merang hitam, jika jamur merang hitamnya tidak bulat sempurna atau tidak mekar penjualannya antara 30 ribu bisa sampai 40 ribu jika langsung dijual di pasar. Namun jika jamur merang hitamnya mekar atau tidak bulat, hanya berkisaran diharga 14 ribu.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline