Lihat ke Halaman Asli

Sadhita Arfila Zaroh

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Pendampingan Belajar oleh Mahasiswa UMM bersama Anak-anak Panti Asuhan Darul Ikhlas, Singosari, Malang

Diperbarui: 11 November 2022   15:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Bhaktiku Negeri merupakan pembelajaran bagi mahasiswa S1 Universitas Muhammadiyah Malang yang dikembangkan melalui pengabdian pada masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Kelompok 93 Gelombang 11 dengan Dosen Pembimbing Vritta Amroini Wahyudi, S,SI, M. S I.

Kegiatan ini berjalan selama kurun waktu 1 bulan yang dilaksanakan di Panti Asuhan Darul Ikhlas Jl. Raya Randuagung No.14b, Gondang, Randuangung, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur

Dalam kegiatan PMM ini, berisi anggota yaitu Roh hifa Nur Wahyu Kusumowati, Nico David Nanda Rizki, Annisa Vira, Sadhita Arfila Zaroh, dan One Karilla Renata Putri Halillia. Dalam Tema kegiatan kali ini adalah "Peran Mahasiswa Dalam Rangka Edukasi dan Pengembangan Potensi Diri". Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan sarana untuk mengembangkan potensi diri kepada panti asuhan Darul Ikhlas.

Dokpri

Melalui kegiatan pengabdian masyarakat kali ini kami menghadirkan konsep belajar yang menyenangkan dan bermakna seperti penggunaan ice breaking, permainan agar anak-anak tidak merasa bosan saat belajar. selain itu kami juga melakukan pembuatan suatu karya, lingkungan belajar yang interaktif guna untuk membangun motivasi belajar yang tinggi serta menunjukan bahwa terdapat sisi sisi menyenangkan dalam belajar.

Dokpri

Selama proses pelaksanaanya kegiatan pendampingan belajar ini ,PMM kelompok 93 gelombang 11 ini memperhatikan beberapa point penting. Pertama, memastikan para siswa sudah paham dengan lembar aktivitasnya selama pembelajaran. Kedua, membimbing anak - anak  dalam memahami materi pembelajaran serta penugasan yang telah diberikan guru. Ketiga, aktif berdiskusi dalam memecahkan masalah mengenai kesulitan belajar selama proses belajar.

Kegiatan pendampingan belajar ini mendapatkan respon yang baik dari pihak panti maupun anak-anak. Keduanya merasa terbantu dengan adanya belajar bersama ini. Anak anak dapat belajar dengan riang dan gembira.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline