Lihat ke Halaman Asli

Menikmati keindahan Candi Ijo, Candi "Tertinggi" di Yogyakarta

Diperbarui: 24 Juni 2015   01:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Berjalan jauh ke atas perbukitan di sudut Yogyakarta dan terdapat sebuah candi di sana, Candi Ijo namanya. Candi yang katanya merupakan candi dengan lokasi tertinggi di Yogyakarta ini memang tidak seterkenal Candi Prambanan atau Candi Boko di Yogyakarta. Padahal, lokasi candi yang terletak di dekat dengan Candi Boko ini menyajikan pemandangan yang indah dari atas perbukitan. Dalam perjalanan menuju lokasi candi juga kalian akan disuguhi dengan pemandangan yang menyejukkan, melintasi hijaunya persawahan warga. Sungguh sangat cocok bagi kalian yang menyukai perjalanan unik sembari menikmati wisata sejarah dan budaya Indonesia. Menuju Candi Ijo

  • Menuju Candi Ijo, dari Jl. Raya Jogja Solo di perbatasan DIY dengan Jawa Tengah, apabila dari arah Kota Yogyakarta sebelum gapura perbatasan kalian akan menemukan pertigaan traffic light kalian menuju ke selatan (belok ke kanan apabila dari arah Yogyakarta) menuju Piyungan atau Pasar Prambanan.
  • Dari jalan utama menuju ke arah Piyungan, berjalan sekitar km 4 kalian akan menemukan penunjuk jalan ke arah kiri, satu penunjuk jalan menuju ke Candi Boko. Setelah belok ke kiri tersebut, kalian lurus saja dan akan menemukan persimpangan atau perempatan yang apabila ke kiri menuju Candi Boko, lurus menuju Candi Banyunibo, dan ke kanan menuju ke Candi Ijo.
  • Lurus saja mengikuti jalan tersebut yang akan banyak dihiasi oleh persawahan warga dan jalan menanjak yang cukup terjal. Agak lumayan jauh memang dan nanti akan menemukan bangunan candi yang lumayan besar di sebelah kiri jalan. Itulah Candi Ijo.

What To Do

  • Tiket masuk ke Candi Ijo ini gratis, termasuk juga biaya parkir yang gratis. Kalian hanya diwajibkan menulis nama di buku tamu pengunjung saja.
  • Apabila di siang hari dan cuaca sedang terik cahaya matahari, sangat disayangkan masih belum banyak terdapatnya tempat untuk meneduh. Sehingga apabila kalian ingin ke tempat ini, bersiaplah untuk berpanas-panasan.
  • Tempat ini menyajikan pemandangan hamparan perbukitan yang indah dan hijaunya persawahan warga dari atas bukit tersebut. Sungguh sangat disayangkan apabila kalian tidak bisa menikmatinya.

More information: 24hourliday.wordpress.com




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline