Lihat ke Halaman Asli

2440023005 NADEA PUTRI

Mahasiswa Unusa

Objek Wisata Air Terjun Sedudo Nganjuk

Diperbarui: 11 Oktober 2023   20:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Input sumbhttps://www.google.com/imgres?imgurl=https%3A%2F%2F1.bp.blogspot.com%2F-2K7ztw_1aa4%2FYQq6iAi9OnI%2FAAAAAAAAQpo%2FQoHgx0aUPB0BAkECsbhdxrRVeP

Kabupaten Nganjuk merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur, Kabupaten Nganjuk  biasa dijuluki sebagai Kota Angin. Saat ini Kabupaten Nganjuk mulai mengalami perkembangan di bidang pariwisata, salah satu objek wisata yang ada di Kabupaten Nganjuk yaitu Air Terjun Sedudo. Air Terjun Sedudo terletak di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Jarak dari pusat kota kurang lebih 30km, pada ketinggian 1.438 meter dpl, dengan ketinggian air terjun sekitar 105 meter.

Wisata alam ini menyajikan keindahan alam yang sejuk serta memiliki sejarah panjang, untuk mengunjungi objek wisata ini pengunjung tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Karna harga tiket mulai dari Rp.8.000-Rp.15.000, dari harga tersebut pengunjung sudah termasuk asuransi dari jasa raharja.

Objek wisata Air Terjun Sedudo masih dipercayai oleh masyarakat sekitar bahwa memiliki kekuatan supra natural yang mitosnya membawa keberkahan serta awet muda bagi yang mandi di Air Terjun Sedodo pada bulan suro (kalender jawa). Mitos tersebut sudah dipercayai sejak zaman Majapahit.

Pada bulan suro (kalender jawa) di air terjun sedudo menggelar acara kebudayaan yang diberinama “siraman sedudo” atau acara mandi bersama yang dilaksanakan setiap tahunnya pada tanggal 15 bulan suro. Tidak hanya siraman sedudo saja ada salah satu tradisi yang tak kalah penting yaitu jamasan pusaka (mencuci/membersihkan pusaka) peninggalan kerajaan majapahit.

Pengelola objek wisata air terjun sedudo juga sudah menyiapkan berbagai fasilitas yang memadai contohnya area parkir yang luas, toilet, dan mushola. Disana juga terdapat warung warung atau toko toko yang menyediakan beberapa souvenir serta makanan khas dari Kabupaten Nganjuk. Jika kalian berkunjung di Kabupaten Nganjuk jangan lupa untuk mampir di objek wisata air terjuan sedudo.

Nama : Nadea Putri Wahyuni

NIM : 2440023005

Prodi : D-IV Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Instansi : Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline