Lihat ke Halaman Asli

Philip

Belajar menuangkan isi kepala menjadi tulisan karena setiap tulisan akan menemukan takdirnya sendiri.

Piala Eropa 2024: Bukan Cristiano Ronaldo, ini Pahlawan Portugal Menang Atas Ceko

Diperbarui: 19 Juni 2024   09:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

bongda24h.vn

Portugal tampil agresif saat berhadapan deng Republik Ceko. Dengan penguasaan bola 70% Portugal terus mengempur pertahanan ceko. Namun meraka  justru kebobolan terlebih dahulu oleh Republik Ceko di menit ke-62 lewat Lucas Provod.

Gol ini, tidak meruntuhkan mental dan daya juang pasukan Selecao das Quinas. Partugal bisa bangkit menyamakan kedudukan tujuh menit berselang. Sundulan Nuno Mendes bisa ditepis oleh penjagwa gawang Republik Ceko Jindich Stank, bola tepisan Stanek justru membentur Robin Hranac hingga bergulir berbuah gol bunuh diri pada menit ke-69. Kedudukan pun imbang 1-1.

Portugal terus memburu gol kemenangan, Selecao das Quinas mengurung lini pertahanan Republik Ceko memburu gol penyama kedudukan. Diogo Jota sempat bikin gol di menit ke-82. Ia menyambar bola muntah sundulan Cristiano Ronaldo yang membentur tiang. Namun, gol ini dianulir karena Ronaldo lebih dulu offside.

Untuk menambah daya serang Portugal, Pelatih Roberto Martinez memasukkan Francisco Conceicao pada menit ke-90 menggantikan Vitinha. Pergantian ini, berbuah manis pemain FC Porto itu, muncul menjadi pahlawan Portugal.

Gol ini, berawal dari blunder yang kembali dibuat bek Republik Ceko Robin Hranac. Ia tak bisa menghalau bola umpan dari sisi kiri. Bola justru mengarah ke Francisco Conceicao di depan gawang. Conceicao langsung menyambarnya menjadi gol di menit ke-90+2. Portugal pun menutup laga dengan kemenangan 2-1.

Francisco Conceicao tidak hanya menjadi pahlwan Selecao das Quinas dalam pertandingan ini, namun golnya memiliki torehan yang indah, karena berhasil menyamai pencapain , pasangan ayah dan anak yang mencetak gol di Piala Eropa adalah Enrico dan Federico Chiesa (1996 dan 2021).

 Untuk diketahui ayah Francisco Conceicao, Sergio Conceicao pernah membela Timnas Portugal era tahun 1997 hingga 2003.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline