Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya Peran Ahli Gizi dalam Menghadapi Permasalahan Gizi di Indonesia

Diperbarui: 1 November 2022   23:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pada saat ini memasuki era Revolusi Industri 4.0 dimana banyak sekali kemajuan di bidang teknologi. Hal tersebut mengharuskan sumber daya manusia mampu untuk bersaing di dunia global dengan adanya SDM yang memadai maka timbulnya generasi yang unggul dan berkarakter. 

Generasi unggul adalah generasi yang tidak mementingkan dirinya sendiri melainkan memiliki rasa untuk ingin bermanfaat bagi kepentingan orang lain. Dalam hal ini saya bertekad ingin menjadi generasi yang unggul dan berkarakter untuk diri sendiri, lingkungan dan bangsa.

Untuk mewujudkan hal tersebut saya memilih untuk berkuliah di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya dan mengambil program sudi S1 Gizi. Ilmu Gizi sendiri adalah bidang ilmu yang mempelajari pentingnya nutrisi pada kehidupan manusia, terutama hubungan antara asupan makanan dengan kesehatan dan mempelajari proses dimana makanan dikonsumsi, dicerna, diserap dan dimanfaatkan oleh tubuh serta dampak terhadap pertumbuhan, perkembangan, dan kelangsungan hidup manusia dan faktor yang mempengaruhi.

Alasan saya mengambil program studi S1 Gizi adalah menjadi ahli gizi yang berkompeten dimana mampu bermanfaat bagi banyak orang serta saya ingin berkontribusi dalam hal mengubah pemikiran masyarakat indonesia agar lebih peduli dengan kebutuhan asupan gizi mereka. Hal tersebut terjadi karena di indonesia masih banyak permasalahan kesehatan akibat asupan gizi. Contoh penyakit yang adalah stunting dan obesitas.

Stunting  merupakan masalah gizi kronis yang banyak terjadi di indonesia. Kondisi ini disebabkan oleh asupan makanan yang tidak mencukupi dalam jangka waktu lama, biasanya dikarenakan pemberian makanan yang tidak memenuhi kebutuhan gizi. Dan yang dimaksud dengan obesitas adalah suatu kondisi dimana lemak menumpuk di dalam tubuh karena kadar kolestrol yang tinggi. 

Penyebab yang mendasari terjadinya obesitas disebabkan oleh faktor gaya hidup yang tidak sehat. Selain dua penyakit tersebut,biasanya akibat dari ketidak pahaman orang tua tentang asupan yang harus diberikan bayi pada saat di kandungan yang mengakibatkan terkadang bayi saat lahir mengalami suatu penyakit yang mengakibatkan ketidak sempurnaan proses pertumbuhannya.

Permasalahan gizi tersebut berkaitan dengan mutu sumber daya manusia yang sangat berpengaruh dagi perkembangan suau bangsa. Merujuk pada pembahasan mengenai generasi unggul, dimana salah satu faktor yang membentuk generasi unggul adalah adanya sumber daya manusia yang berkualitas, apabila faktor tersebut tidak memenuhi maka untuk menciptakan generasi yang unggul akan sulit tercapai. 

Dari permasalahan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa di negara indonesia masih banyak permasalahan kesehatan tentang gizi yang berpengaruh pada kualitas sumber daya manusia. Sumber daya manusia sendiri memiliki pengaruh sangat penting bagi perkembangan suatu negara di era Revolusi 4.0. Dengan ini saya sebagai mahasiswa gizi ingin mengajak para pembaca untuk lebih peduli dan memahami akan pentingnya asupan nutrisi atau gizi bagi tubuh kita.

Nama : Silfa Ardany

Nim  : 2330022004

 Prodi : S1-Gizi

Kelas : A

Tugas : UTS MATKUL BAHASA INDONESIA




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline