Lihat ke Halaman Asli

Nafis Alfa Dzikri 23107030057

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga

Pertandingan Persahabatan: Persiapan KARPOV CUP 2

Diperbarui: 21 Juni 2024   23:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokumen pribadi | brefing panitia 

Gladhi bersih dilakukan untuk menyambut pertandingan perdana KARPOV CUP 2. Pada malam ini seluruh panitia melakukan penempatan sesuai job desc yang sudah dibagikan saat rapat sebelumnya. Mulai dari petugas parkir, penjaga loket, hakim garis, ball boys, juga penghitung score, dan wasit utama yang berasal dari PBVSI yaitu Wasiran sebagai wasit utama dan Dwi Endah sebagai asisten wasit telah menempati tempatnya masing-masing.

Pada malam ini diadakan pertandingan persahabatan untuk uji coba lapangan yang telah dipersiapkan dengan matang. Pada pertandingan persahabatan ini dipertandingkan dua batch yang mempertemukan tim Musaba dengan Wisnu Putra dan batch ke -dua mempertemukan tim tuan rumah yaitu KARPOV dengan tim dari Universitas Ahmad Dahlan.

Pada batch pertama yang mempertandingkan tim Musaba melawan Wisnu Putra berlangsung selama tiga set. Di set pertama dimenangkan oleh tim Musaba dengan perolehan score 25 banding 9 untuk Wisnu Putra. Di set kedua dimenangkan lagi oleh tim Musaba dengan perolehan score 25 banding 19. Dan untuk set terakhir pertandingan lagi-lagi dimenangkan oleh tim Musaba dengan perolehan score 25 banding 21 yang menjadikan tim Musaba keluar sebagai pemenang pada pertandingan persahabatan malam ini.

dokumen pribadi | pertandingan batch 1

Di batch kedua yang mempertandingkan tim KARPOV melawan tim dari Universitas Ahmad Dahlan berlangsung selama set. Di set pertama dimenangkan oleh tuan rumah dengan perolehan score 25 banding 21. Di set kedua dimenangkan lagi oleh tim KARPOV dengan perolehan score 25 bandinh 18. Di set ketiga, tim dari Universitas Ahmad Dahlan tidak mau menyerah begitu saja, kali ini tim UAD memenangkan pertandingan dengan score yang sengit yaitu 25 bading 23 untuk KARPOV. Di pertandingan ke-empat, tim UAD masih tidak mau kalah mereka memenangkan pertandingan lagi dengan perolehan score 25 banding 15, dan menyamakan point mejadi 2:2. Di pertandingan terakhir dimenangkan oleh tuan rumah dengan perolehan score 15 bandiing 6, dan menutup pertandingan pada malam hari ini.

dokumen pribadi | akhir pertandingan


Pada malam ini belum diberlakukan tiket masuk, hanya diberlakukan uang parkir saja. Tapi untuk pertandingan sesungguhnya akan diberlakukan tiket masuk sebesar Rp 8000 dan akan memungkinkan untuk bertambah di seperempat final dan di pertandingan finalnya. Pertandingan perdana akan diberlansunhkan mulai besok pada tanggal 22 Juni 2024 sampai tanggal 13 Juli 2024. Pertandingan akan berlangsung sesuai jadwal apabila tidak terkendala cuaca seperti hujan maupun angin kencang.

Dengan harga itu, suporter bola voli mendapatkan fasilitas tempat duduk bertingkat yang terbuat dari bambu. Meski terbuat dari bambu, namun tempat duduk tersebut telah dipersiapkan dengan baik, dan sudah menjalani uji kekuatan dan juga kenyamanan sehingga ramah untuk para supporter. Apabila tidak ingin duduk di kursi bambu, panitia juga menyediakan tempat VIP dengan tambahan biaya sebesar Rp15.000 dan VVIP Rp.20.000. Dengan membayar harga tersebut penonton tidak hanya mendapat kursi VIP maupun VVIP disediakan juga minuman. Disediakan juga toilet di bagian utara dan selatan untuk supporter yang ingin menggunakan.

Ada 32 tim yang ikut menyemarakkan turnamen bola voli ini. Tim-tim tersebut dibagi menjadi dua batch yang bertanding mulai dari pukul 19.30-21.00 dan bacth dua pukul 21.00-22.30. Pertandingan dilakukan dengan sistem eliminasi, di mana tim yang memenangkan pertandingan akan masuk ke babak selanjutnya, dan yang kalah akan pulang. Di hari final nanti akan keluar juara pertama, kedua, ketiga, dan juara harapan. Untuk informasi tambahan atau pergantian jadwal secara menddak bisa disimak melalui instagram official @kapov_karanggayamvolleyball.

dokumen pribadi | jadwal pertandingan

Tak hanya menyuguhkan pertandingan bola voli saja, namun ada juga stand-stand yang menjajakan makanan dan minuman yang terletak di sekitar lokasi turnamen. Salah satunya adalah stand Pujasera 07 (Pusat Jajanan Serba Ada) yang dibuka oleh rt 07. Di sana tersedia berbagai makanan dan minuman mulai dari makanan ringan maupun berat. Di sini juga disediakan minuman yang belakangan ini ramai di berbagai daerah yaitu es teh jumbo. Dengan porsi yang terbilang banyak dan dengan harga yang lumayan terjangkau menjadikan minuman ini digandrungi.

dokumen pribadi | stand Pujasera 07

Melalui penuturan Tri Joko selaku ketua panitia, ia menyampaikan

"turnamen ini sudah dipersiapkan jauh-jauh hari, sehingga sudah tertata secara maksimal. Dengan harga tiket yang terjangkau pengunjung sudah mendapatkan fasilitas yang bagus, kursi yang kuat dan bisa menampung sekitar 1500an supporter dan dapat menonton pertandingan tim-tim kuat dengan nyaman"

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline