Lihat ke Halaman Asli

Sekondan Terkuat

Diperbarui: 26 Juni 2015   11:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

12913018941129359063

[caption id="attachment_78225" align="alignnone" width="470" caption="Sang Juara pasti dikelilingi para sekondan"][/caption]

Istilah sekondan biasanya ramai menghiasi media saat berlangsungnya Kejuaraan Dunia Catur. Sekondan adalah para Grand Master terpilih untuk mendampingi para pemain yang bertarung merebut atau mempertahankan suatu Kejuaraan Internasional, utamanya Kejuaraan Dunia.

Dalam Kejuaraan Dunia Catur, sekondan biasanya 3 sampai 6 orang untuk masing-masing pemain. Mereka bertugas merencanakan dan merekomendasikan suatu bentuk Pembukaan yang paling tepat akan dimainkan oleh pemain. Mereka merencanakan langkah-langkah terbaik yang harus dijalankan. Mereka merancang tipe permainan apakah strategis seperti jaring laba-laba atau taktis dengan perang terbuka.

Sekondan merancang langkah pancingan untuk membongkar maksud tersembunyi dari langkah-langkah lawan. Membuat langkah mengejutkan untuk membuat lawan bingung. Menciptakan medan perang baru untuk mengalihkan perhatian lawan. Membantu memperlihatkan titik lemah lawan kepada pemain. Sekondan mengusulkan “hadiah” ( gambit ) kepada lawan,yang sebenarnya adalah jebakan dan justru menambah ruang dominasi bagi pemain yang dibelanya.

Sekondan juga merancang manuver bagi perwira berat untuk mengepung Raja lawan. Merancang pergerakan prajurit ke jantung pertahanan lawan. Membantu proses kelahiran Kuda Troya yang kelak mencabik-cabik pertahanan lawan. Sekondan merancang serangan kombinasi untuk kepastian kemenangan.

Sekondan tak akan membiarkan pemain yang dibelanya terdesak, mereka mati-matian membalikkan keadaan untuk kemudian mengambil alih dominasi. Sekondan memastikan pemain selalu dalam posisi unggul dan fokus untuk kemenangan.Sekondan selalu membaca situasi lapangan catur dari belakang layar.

Para sekondan terkuat ada di sekitar Sang Juara.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline