Lihat ke Halaman Asli

Rr Antonia Nismara Paramesti

Mahasiswa Prodi Hubungan Masyarakat, UPN Veteran Yogyakarta

Mengintip Dunia Pariwisata, HM Humas UPNVY Lakukan Company Visit di Dinas Pariwisata DIY

Diperbarui: 31 Oktober 2024   23:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sesi Pemaparan Materi Strategi Komunikasi oleh Bapak Benny Septianto, Pranata Humas Dinas Pariwisata DIY. Sumber : dokumentasi panitia

HM HUMAS - Hari ini Kamis (31/10/24), Himpunan Mahasiswa Hubungan Masyarakat (HM HUMAS) Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (UPNVY) melakukan kunjungan ke Dinas Pariwisata DIY yang berlokasi di Jalan Raya Janti No.4, Banguntapan, Bantul.  Kegiatan ini merupakan program kerja berkelanjutan yang diselenggarakan oleh Divisi Eksternal HM HUMAS dengan tujuan mengenal dunia kerja seputar pariwisata.

Albertus Krisna selaku Ketua Himpunan Hubungan Masyarakat (HM HUMAS) menyampaikan, "Kami sangat antusias dapat berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata DIY dalam mengadakan Humas Company Visit (HUMCOVI) di sektor lembaga kedinasan. Melalui kegiatan ini, kami dapat mengenal strategi komunikasi pemasaran dan tupoksi pranata humas Dinas Pariwisata DIY."

Benny Saptianto selaku Pranata Humas Dinas Pariwisata DIY menyambut baik kunjungan ini dan memandu jalannya diskusi dengan para peserta yang berlangsung interaktif. Beliau menyampaikan bahwa, "Acara seperti ini bisa menjadi perantara bagi kami untuk memasarkan pariwisata DIY kepada masyarakat luas antara lain kepada rekan-rekan mahasiswa."

Dalam sesi pemaparan materi, Bapak Benny menjelaskan "Visiting Jogja" merupakan media branding Dinas Pariwisata DIY dalam memberikan informasi seputar pariwisata di Jogja. Selain itu, rutin dirilis calender of event Kota Jogja yang berisi informasi tentang agenda pelaksanaan berbagai event yang sedang dan akan berlangsung di Jogja bagi calon wisatawan yang akan berkunjung. Dinas pariwisata juga turut mendukung aneka event seperti konser musik, pameran, dan lainnya melalui publikasi postingan di akun Instagram @visitingjogja. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas kunjungan wisatawan.

Strategi komunikasi yang diterapkan oleh Dispar DIY yaitu sport tourism dan pengembangan desa wisata. Memasuki era digitalisasi, Dinas Pariwisata mulai mengurangi strategi promosi konvensional seperti penggunaan baliho dan poster yang kemudian beralih ke penayangan iklan event wisata melalui  videotron serta berbagai media sosial seperti website, Instagram, X, dan Tiktok yang dapat diakses oleh kawula muda khususnya Gen Z. 

Beliau berpesan bahwa sebagai pranata kehumasan dalam institusi pemerintah perlu berhati-hati atau aware dalam menyampaikan statement kepada audiens untuk mencegah terjadinya ketidakjelasan dan ketidakpastian informasi yang dipublikasikan.

Foto Bersama Peserta dan Narasumber. Sumber : dokumentasi panitia

"Acara ini sangat insightful dan menambah wawasan kehumasan terutama pengelolaan dunia pariwisata di Jogja.  Harapannya semoga HUMCOVI akan terus berkelanjutan dan untuk Dinas Pariwisata DIY semakin maju," papar Faiz Jaktiaza sebagai salah satu peserta.(Antonia Nismara)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline