Lihat ke Halaman Asli

Sosialisasi Penggunaan E-Commerce terhadap Pelaku UMKM di Desa Turirejo

Diperbarui: 5 Agustus 2023   18:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Perkembangan di era globalisasi sangat bergantung pada sektor ekonomi sebagai ukuran keberhasilan yang dilakukan oleh pemerintah. UMKM merupakan singkatan dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Pada dasarnya, UMKM adalah arti usaha atau bisnis yang dilakukan oleh individu, kelompok, badan usaha kecil, maupun rumah tangga. Indonesia sebagai negara berkembang menjadikan UMKM sebagai pondasi utama sektor perekonomian masyarakat, hal ini dilakukan untuk mendorong kemampuan kemandirian dalam berkembang pada masyarakat khsusunya dalam sektor ekonomi.

Desa Turirejo memiliki berbagai macam UMKM yang dilakoni oleh masyarakat, yakni perancangan, pedagang, penjahit, tukang pijat, dll. UMKM yang ada pada desa Turirejo ini juga didukung oleh program pemerintah "JATIM PUSPA" yakni dengan diberikannya bantuan sebesar Rp.2.500.000,- akan tetapi diberikan dalam bentuk barang yang dibutuhkan seperti mesin jahit, etalase, gerobak, dll. Akan tetapi, UMKM yang ada pada desa Turirejo ini tidak semua dusun berjalan dengan baik serta hanya dipasarkan di daerah sekitar saja.

Oleh karena itu, mahasiswa KKN 25 UNUSA berinisiatif membantu para pelaku UMKM yang sudah berjalan dengan cara melakukan sosialisasi penggunaan e-commerce yang dilaksanakan di Balai Desa Turirejo. Tujuannya agar para pelaku UMKM dapat melakukan pemasaran produk jualan mereka dengan jangkauan yang lebih luas lagi melalui pemasaran secara digital yakni melalui media sosial maupun e-commerce. Dalam rangka mengembangkan pemasaran produk pada pelaku UMKM yang ada agar lebih maju lagi mengikuti perkembangan zaman untuk mendorong proses pemasaran pelaku UMKM di lingkungan desa Turirejo, diperlukan pengetahuan yang memadai terkait apa itu pemasaran secara digital, bagaimana cara mengoperasikan pemasaran secara digital, serta manfaat melakukan pemasaran secara digital. Sosialisasi program kerja penggunaan e-commerce terhadap pelaku UMKM  adalah kegiatan yang dikhususkan bagi warga desa Turirejo khususnya para pelaku UMKM itu sendiri.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline