Lihat ke Halaman Asli

Mari, Mengenal Program Studi Kesehatan Masyarakat!

Diperbarui: 3 November 2022   14:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Prodi Kesehatan Masyarakat

Hai, sobat Kompasiana! Apa kalian pernah mendengar tentang istilah Kesehatan Masyarakat? Menurut kalian apa sih Program Studi Kesehatan Masyarakat itu? Untuk kalian yang ingin tahu lebih dalam mengenai Program Studi Kesehatan Masyarakat, mari simak penjelasannya!

Definisi Kesehatan Masyarakat 

Program Studi Kesehatan Masyarakat didefinisikan sebagai suatu bidang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang pencegahan dan pengobatan pada individu maupun kelompok. Bidang Ilmu Kesehatan Masyarakat ini bertujuan untuk menjaga dan mempromosikan kesehatan sosial dengan mempelajari hubungan antara manusia dan lingkungannya serta meningkatkan kondisi kesehatan di lingkungan masyarakat.

Adapun definisi Kesehatan Masyarakat menurut Winslow (1920). Winslow (1920) mendefinisikan Kesehatan Masyarakat (Public Health) sebagai ilmu dan seni mencegah penyakit, memperpanjang hidup, dan meningkatkan kesehatan melalui "usaha-usaha pengorganisasian masyarakat" untuk :

1. Perbaikan sanitasi lingkungan.

2. Pemberantasan penyakit menular.

3. Pendidikan untuk kebersihan perorangan.

4. Pengorganisasian pelayanan medis dan perawatan untuk diagnosis diri dan pengobatan.

5. Pengembangan rekayasa sosial untuk menjamin setiap orang terpenuhi kebutuhan hidup yang layak dalam memelihara kesehatan.

Dari pengertian di atas, Program Studi Kesehatan Masyarakat atau biasa disebut Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Ahli Kesehatan Masyarakat berperan sebagai garda terdepan dalam meningkatkan kesejahteraan dalam lingkup masyarakat maupun lingkup dunia dengan cara mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan melalui pendekatan secara preventif (pencegahan penyakit) maupun promotif (peningkatan kesehatan).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline