Project dimana kata yang sering kita dengar khalayak umum, dalam hal ini sedikit cerita pengalaman saya ketika menjadi mahasiswa magang di sebuah perusahaan di Surabaya yaitu PT. PHC Surabaya, saya mendapat kesempatan besar untuk dapat magang di sebuah perusahaan yang di bawah naungan BUMN. PT Pelindo Husada Citra (PT PHC) merupakan Perusahaan yang bergerak di bidang jasa layanan kesehatan dibawah naungan PT Pertamina Bina Medika IHC selaku Holding Grup RS BUMN.
PT Pertamina Bina Medika IHC sendiri merupakan anak usaha PT Pertamina (Persero) yang bergerak di bidang layanan kesehatan serta merupakan induk usaha rumah sakit BUMN, dimana saat ini menaungi 75 Rumah Sakit serta 143 klinik kesehatan di seluruh Indonesia. Termasuk menaungi PT PHC. PT PHC memiliki 5 Unit Bisnis, diantaranya RS PHC Surabaya, Klinik Medis PHC, Klinik OHIH PHC, MedSoS-ASO dan PT Prima Citra Nutrindo.
Saya mendapat bagian di unit marketing and business development, diunit tersebut saya memiliki banyak pengalaman dari para staf pemasaran mulai dari mengikuti MCU di suatu perusahaan, negosiasi kerja sama bisnis, Penawaran MCU, alur perjanjian kerja sama antar perusahaan, perhitungan keuntungan produk yang terjual, pembelajaran desain grafis untuk promosi produk. Dari Business Development, saya dituntut untuk belajar bagaimana mempersiapkan rencana tahunan, mengembangkan produk yang akan diluncurkan di rumah sakit (seperti bedah bariatrik), membuat data kompetitif untuk klinik dan rumah sakit di Wilayah yang berdampak besar pada pasar penjualan.
Sedikit cerita pengalaman yang saya dapat dari pemeriksaan kesehatan mini ini saya bisa berkomunikasi secara langsung komunitas perusahaan BULOG yang juga dikelola oleh BUMN, dimana saya hadir membantu proses MCU seperti pengisian data dan tekanan darah Dari sana, saya bisa menemukan kepribadian berbagai orang yang memberikan kesan tersendiri bagi saya. Saya juga bisa belajar secara langsung, tidak hanya teori. Dengan magang, penerapan mata kuliah dapat diterapkan secara langsung.
Dengan magang, penerapan mata kuliah dapat diterapkan secara langsung. Banyak sekali materi dalam mata kuliah yang dapat langsung diterapakan di sunia kerja dan memiliki kesinambungan satu sama lain, sehingga magang memberikan dampak yang besar bagi mahasiswa karena kita mulai memahami bagaimana aktivitas suatu perusahaan karena kita mengikuti suatu mata kuliah khusus magang.
Di unit pemasaran tempat saya bekerja, semua orang sangat ceria dan humoris sehingga setiap hari tidak membosankan dan banyak hal baru yang saya pelajari di unit pemasaran ini. Setiap hari saya memperoleh banyak pengetahuan yang berbeda-beda. Setiap proses diajarkan langsung oleh staf marketing dan business development yang sangat antusias mendukung dan mereka sangat berpengetahuan luas.
Namun di balik kesan pesan yang baik pasti ada sisi buruknya, misalnya kita bertemu dengan orang yang berbeda, kita sulit memahami sifatnya. Sebagai pendatang baru, pastinya sulit bagi saya untuk memahami watak dan watak seseorang. Saya sempat kesulitan beradaptasi namun hal itu tidak menyurutkan semangat saya selama magang di sana. Bahkan, semakin terpacu untuk bersemangat bersama orang-orang baru yang memiliki kepribadian yang berbeda-beda.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H