Para Peserta UMKM Jawa Timur khususnya Surabaya mengikuti pelatihan UMKM yang diadakan di BSI UMKM Center Surabaya. Beberapa materi dipaparkan oleh Radit Suryo selaku founder PT. Jenama Kampiun Indonesia perihal bagaimana membangun brand di Instagram bagi para pelaku UMKM dan dilanjutkan sesi kedua oleh Zhafran Basysyar selaku Research and Development Jenama dengan memaparkan materi tentang bagaimana membuat profil Instagram yang menarik dan meyakinkan pada Senin (25/09/2023). Pelatihan ini pada tiap topik materi dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi pertama pemaparan materi dan sesi kedua praktik langsung untuk para peserta. Materi yang diberikan kepada para peserta pelatihan berupa informasi mengenai cara bagaimana menulis bio profil Instagram yang meyakinkan guna menarik kepercayaan para calon konsumen, kemudian pentingnya peran sebuah Logo terutama bagi UMKM yang baru menggunakan sosial media. Poin-poin apa yang harus dicantumkan pada bio profil Instagram.
Contohnya seperti menggunakan username dan kata kunci yang mudah dicari oleh para target audiens. Hal ini berguna untuk mempermudah calon konsumen menemukan brand mereka para peserta pelatihan UMKM. Kemudian dilanjutkan dengan bagaimana cara dalam membuat bio Instagram yang meyakinkan yaitu perlunya mencantumkan informasi berupa nomor telefon/whatsapp ataupun link dari sebuah marketplace dan juga alamat lengkap toko atau tempat dari para peserta pelatihan UMKM, hal ini bertujuan untuk menarik dan meningkatkan kepercayaan konsumen. Serta para peserta diperintahkan untuk membuat kata-kata yang mewakili dari masing-masing brand. Bisa berupa slogan ataupun karakteristik dan identitas dari UMKM.
Pada pelatihan branding UMKM ini para mahasiswa magang mandiri PKKM MBKM dari UPN "Veteran" Jawa Timur turut membantu dan mengedukasi terkait materi branding yang telah dipaparkan kali ini serta membantu para peserta yang masih kesulitan dalam mengakses Instagram ataupun memilki kendala lainnya seperti kesulitan menentukan kata-kata efektif untuk brand mereka. Dalam pelatihan ini para mahasiswa harus mampu berpikir cepat dalam mempelajari karakteristik dan identitas serta mampu memikirkan kata-kata yang menarik untuk di cantumkan pada bio Instagram dari masing-masing UMKM. Selain itu beberapa mahasiswa program magang mandiri PKKM juga turut membantu dalam mendokumentasikan momen-momen yang menarik selama acara pelatihan yang berguna untuk pembuatan video konten Instagram dari Jenama yaitu @roeang.jenama. Selama kelas berlangsung salah satu peserta dari pelatihan branding UMKM mengatakan "Materi Instagram ini sangat bermanfaat terutama buat UMKM, cara penyampaian materinya juga bagus santai dan friendly dan sangat direkomendasikan terutama bagi kita yang usianya tidak muda lagi yang mungkin sudah tidak mengikuti perkembangan teknologi. harapannya semoga kelas yang diadakan lebih optimal lagi dan mungkin bisa diadakan kelas-kelas lainnya."Ujarnya tentang kelas Branding saat ini.
Pada hari kedua yaitu Selasa (26/09/2023) Kelas pelatihan branding dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Dwi Fitri. M selaku Project Manager Jenama yaitu mengenai bagaimana cara membuat poster promosi yang menarik dengan aplikasi Canva bagi para peserta pelatihan UMKM. Sama seperti hari sebelumnya pelatihan ini dibagi menjadi dua sesi yaitu sesi pertama diisi dengan pemaparan materi dan sesi kedua yaitu praktik secara langsung untuk membuat poster promosi yang kemudian akan dinilai oleh pihak Jenama dan ditentukan siapa yang membuat poster terbaik. Dalam materinya dijelaskan beberapa poin penting yang harus dicantumkan pada poster promosi yaitu Judul dan informasi yang menarik, mencantumkan logo brand, memperhatikan jenis font yang digunakan kemudian pemilihan warna yang sesuai dengan identitas brand, foto produk yang jelas dan lain sebagainya.
Setelah materi selesai dilanjutkan sesi kedua untuk praktik langsung dalam membuat poster promosi masing-masing brand. Pada sesi ini mahasiswa UPN "Veteran" Jawa Timur program magang mandiri PKKM turut membantu para peserta yang kesulitan dalam membuat poster. Atusiasme dari para peserta terlihat dari rasa ingin mengetahui yang tinggi dengan bertanya terkait materi kali ini kepada para mahasiswa. Para mahasiswa magang juga turut bersemangat memberi edukasi terkait poster promosi. Yaitu dengan memberi edukasi mengenai pemilihan warna dan kombinasi yang sesuai, mencari font yang sesuai dan membantu mengedukasi bagaimana cara membuat judul promosi yang menarik. Beberapa mahasiswa juga turut membantu dalam mendokumentasikan kegiatan selama pelatihan berlangsung. Sehingga dari acara pelatihan ini para mahasiswa juga dapat mempelajari banyak hal bukan hanya tentang branding saja namun juga dapat melatih komunikasi yang baik dengan orang lain. Diharapkan dengan adanya kegiatan pelatihan ini dapat memberi pemahanan akan pentingnya sebuah branding UMKM dalam sosial media khususnya Instagram.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H