Lihat ke Halaman Asli

Praktikum Lapang Mahasiswa Pertanian, UPN "Veteran" Jawa Timur di Lahan Agroforestri Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun

Diperbarui: 27 November 2023   12:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

GAMBAR 1.1 PENANAMAN TANAMAN ALPUKAT DILAHAN AGROFORESTRI (DOKPRI)

Agroforestri adalah salah satu sistem pengelolaan lahan yang mungkin dapat ditawarkan untuk mengatasi masalah yang timbul akibat adanya alih-guna lahan tersebut di atas dan sekaligus juga untuk mengatasi masalah pangan. Agroforestri merupakan sistem penggunaan lahan berkelanjutan dan mampu mengoptimalkan penggunaan lahan, yang dilakukan dengan pengombinasian pepohonan dengan tanaman pertanian, dan atau hewan (ternak) dengan menerapkan teknik pengelolaan yang praktis sesuai dengan budaya setempat.

Mahasiswa Agroteknologi UPN "Veteran" Jawa Timur turut berperan aktif dalam penanaman tanaman, yaitu penanaman bibit Alpukat dilahan Hutan Alami Kare pada 18 November 2023 lalu. Mahasiswa mengaku senang mengikuti serangkaian penanaman tersebut. Mahasiswa juga aktif bertanya terkait sistim agroforestri yang ada.

Agroforestri yang telah diterapkan oleh Bu Niken diwilayah Kare tersebut sudah diterapkan sejak 2018 silam. Beliau membuka lapangan pekerjaan juga bagi warga sekitar untuk menjadi petani dilahannya. Kini, tanaman musim yang sudah ditanam bersama dengan tanaman pohon jati dan kayu putih diantaranya Padi, Nangka, Durian, Alpukat, Ketela, Pisang, dan Mangga. Penanaman tanaman musim tersebut sebagai pemenuhan kebutuhan pangan bagi warga sekitar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline