Lihat ke Halaman Asli

Peran Pasar Modal Global Terhadap Perekonomian Indonesia

Diperbarui: 17 Juli 2022   00:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

PERAN PASAR MODAL GLOBAL TERHARAP PEREKONOMIAN INDONESIA

Tulisan ini memberikan tambahan informasi atau pengetahuan mengenai pasar keuangan. Pasar keuangan termasuk dalam pembahasan perekonomian. Cakupan pasar keuangan sangat beragam dan terkadang sulit dipahami oleh khalayak umum. Pembahasan terkait pasar keuangan memiliki istilah – istilah yang agaknya sulit dimengerti. 

Pasar keuangan identik dengan beberapa istilah-istilah yang menurut orang awam susah untuk dipahami. Menurut Mankiw (2006), pasar keuangan  adalah suatu lembaga dimana orang yang ingin menabung dapat  langsung memberikan dana kepada orang yang ingin meminjam. 

Dalam pengertian lain, pasar keuangan adalah  pasar yang menyediakan produk atau instrumen keuangan. pasar, yang merupakan salah satu pasar  keuangan terpenting dalam suatu perekonomian (Mankiw, 2006).

Pasar modal  didefinisikan sebagai pasar untuk berbagai instrumen  keuangan (surat berharga) jangka panjang yang dapat diperdagangkan, baik dalam bentuk utang maupun dalam bentuk ekuitas, baik yang diterbitkan oleh pemerintah maupun yang diterbitkan oleh badan swasta (Rusia, 2009).

Pasar modal memegang peranan penting dalam perekonomian suatu negara  karena pasar modal menjalankan dua fungsi secara bersamaan, yaitu fungsi ekonomi dan fungsi keuangan. 

Pasar modal dikatakan mempunyai fungsi ekonomi karena pasar menyediakan fasilitas atau wahana yang mempertemukan dua kepentingan, yaitu pihak yang memiliki kelebihan dana (investor) dan pihak yang membutuhkan dana (emiten) kepada pemegang dana, menurut karakteristik investasi terpilih (Muklis, 2016).

Investasi adalah pengeluaran modal untuk pembelian aset  fisik (aset) seperti pabrik, mesin, peralatan dan inventaris yaitu investasi fisik atau riil Dalam analisis ekonomi, istilah investasi secara khusus dikaitkan dengan investasi fisik, investasi fisik menciptakan bisnis baru dengan menambah kapasitas produktif suatu negara, sedangkan investasi finansial hanya mengalihkan kepemilikan  seseorang atau dari satu lembaga ke lembaga lain  (Widjajanta, 2007).

Saham adalah salah satu instrumen yang paling populer di pasar keuangan, menerbitkan saham adalah salah satu pilihan yang diambil perusahaan ketika memutuskan untuk mendanai perusahaan, sementara di sisi lain saham adalah kendaraan untuk investasi yang investor pilih karena saham berada di dapat memberikan tingkat keuntungan investasi yang menarik.

Pengertian lain dari saham adalah surat keterangan yang membuktikan kepemilikan suatu perseroan dan pemegang saham mempunyai hak  atas penghasilan dan kekayaan perseroan (Rusiadi, 2009). 

Kesemua elemen di dalam pasar keuangan berkaitan erat dengan perekonomian. Perkembangan pemahaman terkait pasar keuangan terbilang mampu mengembangkan sektor perekonomian masyarakat atau individu yang mengerti tentang pasar keuangan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline