Lihat ke Halaman Asli

Waspadi Gejala Gangguan Kecemasan di Sekitar Kita

Diperbarui: 2 Juli 2024   18:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Waspadi Gejala Gangguan Kecemasan di Sekitar Kita

Penulis : 

Nabila Khairunisa 202210515111

Zhika Nur Cahyani 202210515121

Wahyu Aulizalsini, M.Psi.,Psikolog

Universitas Bhayangkara Jakarta raya 

Saat ini topik pembicaraan mengenai kecemasan sering kali diperbincangkan oleh banyak orang, terutama di social media. Setiap orang yang mendengarnya pun setuju dengan fakta bahwa setiap individu pasti memiliki rasa cemasnya tersendiri. Rasa cemas yang dialami oleh kita pun memiliki tingkat dan penyebab yang berbeda-beda. Namun kecemasan yang berlebihan akan membuat kita sebagai individu dapat mengalami abnormalitas. Kecemasan dapat menjadi bentuk awal dari diagnosa gangguan kepribadian. Untuk mengetahuinya, kita dapat melihat kondisi diri kita di beberapa waktu terakhir, seperti;

Apakah Anda sering merasa gelisah, cemas, khawatir secara berlebihan?, dengan periode waktu hampir setiap hari dan selama lebih dari 6 bulan? Jika iya, Anda mungkin mengalami Gangguan Kecemasan Menyeluruh atau juga dikenal sebagai Generalized Anxiety Disorder (GAD). 

Beberapa kasus mengenai penderita Gangguan Kecemasan Menyeluruh pernah dibahas oleh beberapa penelitian terdahulu. Salah satu kasus yang menarik yaitu kasus mengenai seorang pria berusia 53 tahun yang mengalami gejala kecemasan, ketegangan motorik, dan hiperaktif otonom. beliau mengungkapkan bahwa kejadian yang memicunya mengalami gangguan kecemasan adalah ketika ia gagal memperbaiki handphone milik pelanggannya ketika ia membuka jasa reparasi handphone di rumah. Peristiwa tersebut kemudian mempengaruhi dan membuat pria tersebut memiliki kesulitan dalam melakukan pekerjaan dan kegiatannya sehari-hari. Oleh karena itu, pria tersebut merasa membutuhkan bantuan seorang ahli atau profesional untuk membantu mengatasi masalah yang dialaminya dengan mendatangi Rumah Sakit Daerah Dr. RM. Soedjarwadi, Jawa Tengah. Setelah melakukan beberapa proses, akhirnya pria tersebut ditetapkan sebagai pasien rawat jalan yang mengalami gejala kecemasan, ketegangan motorik, dan hiperaktif otonom.

Mari mengenal lebih jauh tentang Gangguan Kecemasan Menyeluruh:

A. Apa sih Gangguan Kecemasan Menyeluruh itu?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline