Lihat ke Halaman Asli

Meningkatkan Menulis untuk Anak MI dengan Cara Memahami Gaya Belajar

Diperbarui: 9 Mei 2016   11:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Nama : Annisa Nur Ramadhani

NIM : 2015030054

Kelas : PGMI 2B

Makul : Keterampilan Menulis Dasar MI/SD

Universitas : UNSIQ (Universitas Sains Al-Qur’an)

Meningkatkan Minat Menulis untuk Anak MI dengan

Cara Memahami Gaya Belajar

Menulis adalah salah satu bagian dari cabang keterampilan bahasa terpenting. Sebab, kegiatan ini menuntut peserta didik untuk lebih produktif dan ekspresif dalam menuangkan ide-ide/gagasan yang ada dipikiran baik sifatnya timbul dari hati atau sebuah anjuran/tuntutan dari seorang pendidik.

Biasanya, melihat pengalaman yang sudah-sudah, kegiatan menulis terutama menulis permulaan ini menjadikan momok yang sangat menakutkan bagi peserta didik. Bagaimana tidak? Apabila di TK peserta didik tidak begitu ditekankan untuk menulis, tetapi di tingkat SD/MI mereka akan dituntut serta ditekankan untuk dapat menulis. Oleh karena itu, pembelajaran menulis peserta didik pada tingkat ini mulai diajarkan terampil dalam memanfaatkan grafologi, struktur bahasa, dan kosa kata. Tentu kegiatan ini tidak akan datang secara otomatis , akan ada praktik banyak sekaligus teratur yang harus dilakukan oleh seorang pendidik dengan penuh kesabaran.

Sebuah pepatah Cina kuno yang diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa, bunyinya:

Saya mendengar, maka saya lupa

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline