Lihat ke Halaman Asli

MARHABAN YA ......RAMADHAN

Diperbarui: 24 Juni 2015   10:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan, mari kita tumbuhkan dalam diri kita tiga hal pokok. Pertama, Semangat Iman, mental yang kuat (Himmah) untuk menerima tamu agung ini. Jangan ada terlintas dalam benak pikiran kita bahwa ramadhan akan menganggu kesenangan dan kebiasaan keseharian kita. Maka hendaklah kamu bergembira. Karena karunia Allah dan Rahmat-Nya lebih baik dari apa yang kamu kumpulkan (Q.S. Yunus : 58).

Kedua, Sikap mental bersungguh-sungguh, kemauan yang kuat (Al-'Azam). Yakni kesungguhan yang kuat untuk benar-benar punya komitmen melaksanakan ibadah Ramadhan dengan penuh tawadu' dan kepasrahan hanya kepada Allah. Sebagaimana do'a Ali bin Abi Thalib: "Tumbuhkanlah rasa senang dalam hati kami ya Allah, ketika memasuki bulan Ramadhan. Berikan kepada kami ketentraman, kelonggaran waktu, jauhkanlah kami dari segala gangguan penyakit , sehatkan kami, Amin ya Rabbal 'Alamin!".

Ketiga, Sikap mental solidaritas sosial (ta'awun 'alaa al-birri wa al-taqwa). Bulan Ramadhan merupakan momentum untuk menggadakan amal-amal sosial seperti berzakat, bersedekah, mengeluarkan fidyah dan memberi makan berbuka kepada orang yang berpuasa (ifthor). Perbanyaklah  bersedekah kepada fakir miskin, karena sedekah yang paling utama adalah sedekah pada bulan ramadhan...

Insya Allah tulisan ini bermanfaat bagi kaum muslimin & muslimat, amin....amin....ya....Rabbal alamin........(PMA35, bulletin Al-Azhar edisi 517/VI/2013/5 Juli 2013 - Amliwazir Saidi).




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline