Lihat ke Halaman Asli

Luthfi Pramudia 20107030026

UIN SUNAN KALIJAGA

Game Online dan Esport di mulai era 2000-an?

Diperbarui: 24 Mei 2024   18:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Perjalanan game online dari era 2000-an hingga era esports adalah sebuah kisah yang menarik tentang bagaimana industri game telah berkembang dari hobi yang sederhana menjadi fenomena global yang mempengaruhi budaya populer dan industri hiburan secara keseluruhan. Berikut adalah gambaran perjalanan tersebut:

Era 2000-an: Awal Masa Keemasan Game Online

MMORPG (Massively Multiplayer Online Role-Playing Games): Era 2000-an ditandai dengan munculnya MMORPG seperti "EverQuest" (1999), "Ultima Online" (1997), dan kemudian "World of Warcraft" (2004). Game-game ini menawarkan pengalaman bermain yang terus berlanjut di dunia virtual yang luas, menghubungkan jutaan pemain dari seluruh dunia.

Permainan Multiplayer Lainnya: Selain MMORPG, game online lainnya juga mulai populer, termasuk game FPS (First-Person Shooter) seperti "Counter-Strike" (1999) dan "Quake III Arena" (1999), serta game strategi real-time seperti "StarCraft" (1998).

Munculnya Platform Online: Platform seperti Steam, Battle.net, dan Xbox Live mulai berkembang, memungkinkan pemain untuk mengakses dan bermain game secara online dengan mudah.

Awal 2010-an: Perkembangan Game Esports

Peningkatan Popularitas: Game online semakin populer di awal 2010-an, didorong oleh peningkatan akses internet, perangkat mobile, dan platform streaming seperti Twitch. Game-game seperti "League of Legends" (2009), "Dota 2" (2013), dan "Counter-Strike: Global Offensive" (2012) menjadi sangat populer di kalangan pemain dan penonton.

Pertumbuhan Kompetitif: Turnamen dan kompetisi game online mulai diadakan secara profesional, menarik perhatian sponsor dan pemirsa yang besar. Hadiah uang tunai yang besar dan popularitas yang meningkat membuat banyak pemain profesional dan organisasi esports berdiri.

Peningkatan Infrastruktur: Infrastruktur untuk mendukung kompetisi esports mulai berkembang, termasuk stadion dan fasilitas khusus, platform siaran langsung, dan sponsor-sponsor besar yang berinvestasi dalam industri ini.

Pertengahan Hingga Akhir 2010-an: Era Puncak Game Esports

Pertumbuhan Ekosistem: Industri esports berkembang pesat, dengan munculnya liga-liga profesional, tim-tim esports, dan acara-acara besar seperti The International untuk Dota 2, League of Legends World Championship, dan Overwatch League.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline