Lihat ke Halaman Asli

Eka Aprillia

Mahasiswa Teknik Sipil UPN Veteran Jawa Timur

Mengetahui Karakteristik Tanah Dengan Uji DCP

Diperbarui: 20 November 2023   00:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi

Uji penyelidikan tanah sangat penting dilakukan sebelum proyek dilaksanakan. Tanah merupakan dasar dalam pembangunan proyek. Apabila tanah tidak diselidiki dengan tepat dan benar, maka dapat mengakibatkan kegagalan suatu proyek. Salah satu penyelidikan tanah di lapangan yang bisa dilakukan yakni uji DCP (Dynamic Cone Penetrometer). 

Pada proyek konstruksi jembatan Perningkloji terdapat pekerjaan pelebaran jalan pada jalan raya penghubung jembatan tersebut. Sebelum di lakukan pelebaran jalan di lakukan penyelidikan tanah guna mengetahui kekuatan daya dukung nya. Alat yang di gunakan untuk melakukan pengujian ini adalah DCP.

Uji DCP (Dynamic Cone Penetrometer) merupakan suatu pengujian yang cepat untuk mendapatkan nilai kekuatan tanah dasar dan lapis fondasi jalan.Uji DCP ini dapat dilakukan hingga 90cm dari permukaan tanah. 

Cara uji DCP yaknik dengan menekan ujung konus dengam menjatuhkan hammer (palu) dari ketinggian maksimal alat sehingga konus dapat masuk kedalam tanah. Lalu kedalaman dibaca tiap 4 kali tumbukan pada batang penetrasi. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline