Lihat ke Halaman Asli

1TA06_ Andika Nugraha Setiawan

Mahasiswa Tehnik insyaallah S2

Desain Cafe Kekinian dan Instragamable -"Esteh Indonesia Bogor"-

Diperbarui: 6 Juli 2023   15:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Di era setelah pandemi, cafe menjadi salah satu gaya hidup. Bertemu di cafe, berbincang dengan sesama, menikmati hidangan, menjadi salah satu impian masyarakat setelah pandemi. Tak jarang cafe jaman sekarang membuat inovasi atau menawarkan ambiance agar pengunjung datang. Jaman sekarang banyak kita jumpai cafe outdoor. Cafe outdoor dianggap memiliki nilai lebih karena menawarkan pemandangan alam atau terbuka sembari menikmati minuman cafe tersebut.

                                                                                   Konsep Cafe Dengan Tampilan Transparan

Dok. pribadi

Konsep dari cafe ini adalah transparan. Ruang memiliki transparansi yang dominan, di sini ini kita bisa bersantai sejenak sambil menikmati hidangan cafe. Warna-warna putih dan kaca transparan dihadirkan untuk mendukung konsep tersebut, ditambah adanya besi-besi struktur untuk kursi dan meja dengan warna putih, cokelat, gold atau emas, dan tekstur kayu asli untuk menambah point of view di kedai minuman ini. Ruangan terdiri dari dua lantai, lantai kedua berupa mezanin. Secara keseluruhan, ruangan memiliki gaya minimalis modern.

                                                                                 Interior Cafe Yang Sederhana

Dok. pribadi

Secara desain, ruang memiliki bentuk-bentuk geometris yang simple (sederhana), serta tidak terlalu banyak lengkungan atau kurva. Furniture yang digunakan berupa meja dan juga kursi yang diberi tambahan puff. Ditambah adanya penggunaan sofa dengan penataan yang mengikuti pola layout ruang. Warna yang digunakan yaitu putih, cokelat. Dalam ruang belum menerapkan warna aksen, maka dari itu ruangan terlihat monokrom. Plafon dan dinding dibuat seperti permukaan halus. Dapat kita lihat bahwa ruangan tidak menggunakan bahan kayu pada lantai. Ruangan menggunakan lampu gantung walaupun tidak diletakkan tepat ditiap tempat duduk. Sayangnya tidak ada permainan
lighting pada area mini bar atau kasir. Dari segi dekorasi, tidak ada penggunaan lukisan yang dapat menambah selera makan atau minum.

                                                                                 Warna Ruang Minimalis Dan Modern

Dok. pribadi

Ruangan mempunyai perpaduan antara gaya minimalis dengan gaya modern. Pada ruang dapat terlihat memiliki dominasi warna putih sehingga tercipta ruang yang memiliki warna monoton. Warna yang digunakan untuk lantai dua memiliki kesan berbeda dengan warna yang diterapkan pada lantai satu. Menurut saya ini dikarenakan warna lantai yang terlalu gelap, sehingga tidak bisa menyeimbangi dengan konsep ruang secara keseluruhan. Penggunaan furniture pada lantai dua dengan dominan berwarna cokelat juga mempengaruhinya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline