Lihat ke Halaman Asli

Syafrida Zahra

Mahasiswi Psikologi

Apakah Self-Reward itu Penting? Yuk Kenali Manfaatnya!

Diperbarui: 23 Januari 2023   19:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar : pinterest.com/Feyza

Halo sobat kompasiana, apa kabar semuanya? Semoga sehat selalu! baik sehat secara jasmani maupun rohani. Berbicara masalah kesehatan rohani, sobat kompasiana tau gak sih istilah Self-Reward? Mungkin beberapa orang saja yang tahu. Tapi tenang saja bagi yang tidak tahu, Yuk kita cari tahu di artikel ini! 

Sebelum itu, sobat kompasiana tau gak sih apa itu Self-Reward? 

Self-Reward merupakan suatu bentuk penghargaan atau apresiasi terhadap diri sendiri atas segala pencapaian yang diperoleh. Dapat dikatakan bahwa Self-Reward itu menghadiahi diri sendiri setelah menyelesaikan pekerjaan yang membuat kita stres dan penat. 

Nah, sebagai pengganti rasa lelah dan stres itu sudah selayaknya kita membutuhkan penghargaan atau apresiasi diri agar mampu bersemangat kembali dan bangkit dari rasa lelah. 

Lantas, apa saja manfaat yang kita peroleh dari Self-Reward? 

Menurut beberapa artikel yaitu: Self-Reward dapat membuat kita menjadi termotivasi dan bersemangat; sebagai bentuk rasa peduli terhadap diri sendiri; melatih kita untuk disiplin; membuat kita berpikir positif; selain itu juga dapat menjaga kesehatan mental. 

Self-Reward dapat dilakukan melalui beberapa cara seperti: berkumpul bersama keluarga; membeli barang yang sudah lama diidamkan; berliburan bersama kerabat atau teman; makan di restoran favorit; memuaskan diri dengan menonton film, bermusik, dan membaca buku favorit. 

Nah, itulah beberapa manfaat dan cara yang saya kutip dari berbagai artikel yang saya temukan. Demikian cara dan manfaat diatas dapat memotivasi sobat Kompasiana untuk lebih menghargai diri sendiri. 

Semoga membantu!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline