Lihat ke Halaman Asli

Metode Therapy

Diperbarui: 26 Juni 2015   17:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Macam-macam metode therapy

1.Therapy khas Indian : Therapy dimulai dari tangan naik ke kepala,

punggung, kaki, perut dan dada

2.Therapy khas Jawa: Therapy dimulai dari telapak kaki, paha,

punggung, tangan, kepala, perut dan dada

3.Therapy khas Tiongkok: Therapy dimulai dari kepala menurun ke punggung

terus ke tangan, kaki naik ke paha, perut dan dada

4.Therapy khas Amerika: Therapy dimulai dari perut ke dada, kepala,

punggung, tangan dan kaki

Therapy Tempoe Doeloe merupakan gabungan dari berbagai macam metode therapy seperti diatas. Sehingga metodenya berbeda dengan metode yang dilakukan pada tempatpijat refleksi lain.

Macam-macam cara melakukan therapy

Umumnya disesuaikan dengan maksud dan tujuannya:

1.Gosokan: untuk membantu kerja pembuluh darah balik (vena) jaringan di

bawah kulit serta memanaskan badan.

2.Pijatan : untuk menghancurkan sisa-sisa pembakaran dan melemaskan

kekakuan-kekakuan di dalam jaringan.

3.Goncangan: untuk menempatkan kembali bagian tubuh yang ada di

bawah kulit (otot, pembuluh darah, syaraf, dll) pada tempatnya

masing-masing serta untuk memudahkan pengaliran/ pertukaran zat

dalam bagian tubuh tersebut.

4.Pukulan: untuk mempengaruhi tonus syaraf vegetatif (tak sadar) pada

jaringan perifer (jaringan tepi) dan mempergiat peredaran darah pada kulit.

5.Gerusan: untuk menghancurkan bekuan-bekuan pengerasan dalam jaringan

otot dan menormalkan sirkulasi peredaran darah dan pertukaran zat.

6.Mengurut: untuk mempengaruhi syaraf vegetatif dan jaringan bawah kulit, juga

untuk melemaskan jaringan sehingga sirkulasi darah menjadi lebih

baik.

Dalam melaksanakan therapy Tempoe Doeloe dilakukan gabungan cara melakukan therapy seperti diatas. Sehingga para therapis harus memahami caranya melakukan therapy tersebut.

Metode Therapyrefleksi  Tempoe Doeloe:

Metode therapy refleksi Tempoe Doeloe merupakan gabungan therapi refleksi dari Tiongkok, Tibet dan Jawa dengan sistem terapi zona. Metode therapi refleksinyaberbeda dengan therapy refleksi yang sekarang banyak ditemui dimana-mana. Perbedaannya terletakpada metode, caratherapy, fokus area therapy disampinganjurkanmeminum TAHA water of health dan olahraga Tempoe Doeloe.Gabungan therapy refleksi dan minum TAHA water of health akan bekerja secara sinergis untuk memberi efek terapis yang lebih manjur. Sedangkan olahraga merupakan olahraga pencegahan yang dapat dilakukan dirumah.

Dasar therapy refleksi  Tempoe Doeloe :

1.Membuka simpul-simpul syaraf pembuluh darah ke organ tubuh maupun ke jaringan tubuh serta membuka klep-klep pembuluh darahnya sehingga aliran darah menjadi lancar .

2.Merangsang pembuluh darah organ dan pembuluh darah jaringan untuk bekerja lebih baik dengan kata lain metabolisme tubuh menjadi baik.

Mekanisme kerja therapy refleksi  Tempoe Doeloe

Pada penderita dengan kholestrol, trigliserid atau asam urat yang tinggi berarti pada darah penderita akan ditemui kadar kholestrol, trigliserid atauasam urat yang tinggi. Kholestrol, trigliserid atauasam urat darah yang tinggi dapat menyebabkan darah menjadi kental dan akan terjadi penimbunan kholestrol, trigliserid atauasam urat pada pembuluh darah organ tubuh maupun jaringan tubuh. Timbunan ini akan menyebabkan pembuluh darah menjadi menyempit sehingga aliran darah menjadi lebih lambat dan tidak lancar. Dengan melambat atau kurang lancarnya aliran darah tubuh maka semua zat yang tidak bermanfaat (toxin ) yang berada di peredaran darah tubuh, tidak semuanya dapat dibawa ke ginjal untuk dikeluarkan bersama-sama urine.

Dengan therapy refleksi Tempoe Doeloe yang dilakukan pada titik-itik refleksi tertentu akan merangsang simpul-simpul syaraf pembuluh darah di organ maupun jaringan supaya terbuka sehingga aliran darah menjadi lancar. Dengan lancarnya aliran darah ini maka toxin atau sisa-sisa metabolisme dalam bentuk kholestrol, trigliserid atau asam urat yang berlebihan akan dibawa ke ginjal. Ginjal yang mempunyai fungsi menyaring darah dan memisahkan zat-zat yang bermanfaat dan membuang zat yang tidak bermanfaat (toxin) untuk dikeluarkan bersama sama urine.

Mekanisme kerja TAHA water of health Merupakan minuman kesehatan yang bermanfaat untuk:

1.Membantu kelancaran aliran darah

2.Melarutkan kholestrol, trigliserid atau asam urat atau toxin lain yang berada di pembuluh darah organ maupun jaringan supaya sampai di ginjal untuk di filtrasi. Hasil filtrasi akan dikeluarkan bersama-sama urine.

3.Meningkatkan metabolisme jaringan

4.Menghilangkan toxin yang berada di pembuluh darah

Pembuktian hasil therapi refleksi dan TAHA water of health

Setelah mendapat terapirefleksi dan meminum TAHA water of health pasien diminta menampung urine pagi kedalam botol 1 liter (botol Aqua) selama 2 sampai 3 hari. Pada urine tersebut akan terlihat perubahan perubahan baik warna urine maupun adanya endapan di dasar botol atau di permukaan botol. Perubahan ini akan sangat jelas bilamana disimpan setelah 2 minggu.

Tahapan terapi pijat refleksi Tempoe Doeloe :

1.Melakukan therapy refleksi pada titik refleksi di ujung jempol kaki untuk merangsang dan menghancurkan timbunan kolestrol maupun asam urat .Titik refleksi ini merupakanzona respon atau daerah respon . Luasnya sebesar biji kedelai atau lebih besar lagi, yang memberikan respon terhadap pijatan dari luar tersebut dengan organ tubuh karena mempunyai hubung langsung .Pijatan ini akan terasa sakit karena mempunyai hubungan dengan pusatrasa sakit.

2.Melakukan therapy refleksi pada titik refleksi di telapak kakiuntuk merangsang dan membuka simpul simpul syaraf pembuluh darah baik pada organ yang bersangkutan maupun pembuluh darah tubuh.

3.Melakukan therapy refleksi pada titik refleksi di tumit dan mata kaki untuk merangsang simpul syaraf pembuluh darah disamping merangsang asam urat yang berada di tumit tersebut

4.Melakukan therapy refleksi pada titik refleksi di betis maupun di paha untuk merangsang simpul simpul syaraf pembuluh darah perifer di kaki dan tubuh sehingga perdaran darah menjadi lancar.

5.Melakukan therapy refleksi pada titik refleksi di ujung telunjuk,telapak tangan untuk merangsang simpul simpul syaraf pembuluh darah di tangan dan tubuh

6.Melakukan therapy refleksi pada titik refleksi di punggunguntuk merangsang simpul simpul syaraf pembuluh darah di punggung atau tubuh

Titik refleksi atau daerah respon ini terdapat di seluruh badan, namun yang paling banyak di telapak kaki dan telapak tangan. Daerah-daerah ini akan menjadi lebih peka bilamana ada kelainan-kelainan dalam tubuh



Manfaat Terapi Refleksi Tempoe Doeloe dan TAHA water of healthuntuk penderita :

1.Trigliserid darah tinggi

2.Kholestrol darah tinggi

3.Gula darah tinggi (Diabetes Melitus)

4.Asam urat tinggi

5.Batu Ginjal

6.Batu empedu

7.Infertility

8.Stroke

9.Kanker payudara

10.Kanker rahim

11.Katarak

12.Penyakit Jantung

13.Hypertensi

Muhammad Faishal, S.Pt

087832356999




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline