Lihat ke Halaman Asli

Tugas dan Peran Pemimpin dalam Perusahaan

Diperbarui: 21 Desember 2022   13:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Tugas dan Peran Pemimpin dalam Perusahaan

Sosok pemimpin masa depan secara umum adalah orang yang memiliki kompetensi sebagai pemimpin, mampu menaungi semua orang di dalam tim, mampu menggerakkan orang lain hingga bisa mencetuskan ide-ide serta gagasan kreatif yang bertujuan untuk mengembangkan perusahaan.jiwa dan kemampuan dari seorang pemimpin juga diperlukan untuk membawa perusahaan menjadi lebih produktif dan inovatif. Tak mudah memang, tapi seorang pemimpin tentunya sudah melewati hierarki yang panjang hingga akhirnya sampai pada jenjang ini.

Karakteristik dan Kompetensi Pemimpin Masa Depan

Mengingat ada banyak tugas dan tanggung jawab yang perlu dikerjakan seorang pemimpin, maka ada beberapa karakteristik dan kompetensi yang perlu dimiliki pemimpin demi bisa mengembangkan perusahaan. Karakteristik dan kompetensi pemimpin masa depan itu.

Memiliki Jiwa pemimpin dan Rasa Tanggung Jawab yang Tinggi

Memiliki jiwa pemimpin yang melayani atau kepemimpinan yang agile merupakan pondasi awal yang harus dimiliki seorang pemimpin. Tak jarang, seseorang menjadi pemimpin, namun tidak memiliki jiwa pemimpin. Memiliki jiwa pemimpin serta tanggung jawab yang tinggi dibutuhkan agar pemimpin dalam perusahaan dapat dapat menjadi navigator perubahan yang membawa perusahaan melaju ke arah yang lebih baik setiap waktu. 

Tanggung jawab yang besar harus dimiliki mengingat tak hanya sumber daya manusia saja yang diayomi, namun nama besar perusahaan ikut serta di balik tugas pemimpin. Selain itu, pemimpin harus memberikan contoh yang baik bagi karyawannya. Etos kerja yang tinggi, disiplin, serta kejujuran merupakan contoh yang baik bagi karyawan, sehingga suasana kerja akan selalu positif serta penuh semangat.

Menempatkan sumber daya manusia sesuai kapasitasnya

Tugas lain dari seorang pemimpin dalam sebuah perusahaan adalah merekrut orang-orang yang memiliki kualitas untuk mampu seiring sejalan mengembangkan perusahaan. Tentunya proses melakukan seleksi rekurtment dan tenaga kerja dilakukan secara sinergi dengan divisi manager (HRD). Penempatan tiap-tiap sumber daya manusia di dalam perusahaan sungguh harus diperhatikan dan ditentukan sesuai kapasitas tiap-tiap orang. Pendelegasian tugas yang tepat akan dapat membangun performa tim kerja dengan lebih baik lagi. 

Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang menguasai seni delegasi. Karena hal ini berhubungan dengan proses kerja yang sistematis, terarah, dan tentunya menjadi lebih produktif. Akan menjadi kacau jika seseorang dengan skill akuntansi ditempatkan di bagian operator alat produksi, sementara bagian operator alat produksi malah mendapatkan tugas mengerjakan bagian akuntansi.

Menciptakan Inovasi dan Gagasan Baru

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline