Lihat ke Halaman Asli

Apa Itu Pakchong Grass

Diperbarui: 20 September 2022   15:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Apa itu pakchong grass

Pakchong grass merupakan rumput hybrid dari Thailand yang pertama kali diciptakan oleh Prof. Dr. krailas kiyotthong di daerah pakchong Thailand dan pertama kali diperkenalkan di departemen peternakan kementrian pertanian di Thailand (somsiri dan vivanpatarakij,2005), rumput pakchong grass merupakan hasil dari hibrida dari rumput gajah. 

Pakchong grass memiliki kandungan protein lebih tinggi dari rumput odot,pakchong sendiri memiliki 16,45 persen proten jika dibandingkan dengan rumput odot yang hanya memiliki 11,6 persen.rumput pakchong sangat bagus untuk pakan ternak seperti : kambing, domba, sapi, kelinci, dll. Dengan kandungan nutrisi yang sangat banyak sangat bagus untuk penggemukan pada hewan ternak.

Mengapa peternak sekarang lebih memilih rumput pakchong, karena rumput pakchong mempunyai ciri-ciri memiliki bulu pada daun yang halus dan tidak kasar,mempunyai batang tidak terlalu keras. 

Selain nutrisi dan protein yang banyak rumput pakchong sangat disukai hewan ternak. Keunggulan rumput pakchong grass juga ada pada hasil panennya. Untuk hasil panen darilahan seluas 1 hektar/10.000 m2 tanaman pakchong grass ini dapat dijadikan pakan ternak hijauan sebanyak 30 ekor sapi dan hingga 60 ekor domba atau kambing. 

Jika diukur,hasilnya bisa mencapai 450 hingga 650 ton perhektar dalam setahun. Dengan perawatan yang mudah peternak pun banyak yang menanam pakchong grass dengan masa pertumbuhan yang relative cepat  dan pertumbuhanya bias mencapai usia 9 tahun dan bisa dipanen setiap 40 sampai 50 hari. 

Rumput ini hanya perlu disiram satu minggu sekali pada musim hujan ataupun musim kemarau. Rumput pakchong grass bisa dibuat olahan silase adalah olahan yang dibuat untuk pakan ternak, berupa hijauan seperti rumput pakchong grass atau leguminosa, yang disimpan dalam bentuk segar dan mengalami ensilase.rumput pakchong salah satu rumput yang dapat diolah atau diawetkan dengan tehnik atau cara ensilase. 

Biasanya rumput yang diolah dengan cara ensilase ini digunakan peternak besar untuk menjaga persediaan pakan saat musim kemarau, karena musim ini biasanya sulit untuk mencari rumput, mangkanya para peternak menanam rumput pakchong karena rumput ini mudah untuk perawatannya dan mudah untuk diolah menjadi olahan silase atau ensilase

Cara penanaman pakchong grass dengan jarak penanaman yang ideal pada umumnya membutuhkan jarak yang berukuran 30cm sampai 50cm.kemudian tanamlah bibit rumput pakchong grass tersebut dengan ditancapkan pada tanah posisi miring 30 derajat agar akar dapat tumbuh dengan mudah dan dengan penanaman posisi ini bisa membuat rumput pakchong grass ini bisa tumbuh rimbun.dan lebat. 

Proses penyiraman nya sangat mudah dan hemat waktu, yang hanya dilakukan seminggu sekali jika musim penghujan jika musim kemarau biasanya hanya dilakukan dua kali atau tiga kali dalam seminggu. 

Bibit rumput pakchong grass dengan kualitas super biasanya dihargai 10.000 hingga 19.000 per kg. petani sekarang banyak menanam rumput pakchong grass, karena rumput ini sangat menguntungkan dikarenakan para peternak banyak mencari rumput pakchong grass untuk persediaan pakan hijauan atau bias dijadikan olahan silase pada saat musim kemarau. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline