Lihat ke Halaman Asli

Pemimpin Memotivasi Karyawan

Diperbarui: 30 Desember 2022   16:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pemimpin memotivasi karyawan agar bisa berkembang diperusahaan
Sebelum mempelajari tentang bagaimana kita sebagai pemimpin memberi motivasi kepada karyawan, kita harus tau pengertian motivasi dalam perusahhan di sini saya akan memberi tau tentang , Apa sih pengertian motivasi dalam perusahaan itu?

Motivasi dalam perusahan adalah mendorong karyawan agar bisa berkembang atau memberi semangat agar perusahan berkembang cepat untuk mencapai suatu tujuan dengan tepat,  Contohnya kita memberi bonus kepada karyawan karna memenangkan tender yang sangat besar,memberi kesempatan untuk karyawan belajar bagaimana menjadi seorang pemimpin, menghargai karyawan dalam menyampaikan ide ide atau keputusan, dan lain lain.

Selanjutnya kita akan belajar bagaimana sih kita sebagai pemimpin memberi motivasi kepada karyawan, yaitu dengan cara:
1. Tanyakan kepada karyawan terdapat kesulitan dan hambatan yang ditemui dalam melakukan pekerjaannya.
2. Berikan pujian/ apresiasi yang memang pantas didapatkan, bukan sekedar basa-basi. Bentuk apresiasi sekecil apapun kepada karyawan, akan membuat karyawan termotivasi untuk selalu meningkatkan hasil kerjanya.
3. Jangan pernah mengabaikan ide baru yang disampaikan karyawan,
4.Tetap menjaga karisma dan jangan terlalu berlebihan dalam memberikan penghargaan. Proporsional dan adil merata terhadap semua bawahan.
5. Bantu karyawan untuk berkembang dan belajar. Dorong karyawan untuk selalu berkembang dan belajar, misalkan dengan mengikut sertakan dalam program pelatihan karyawan yang sesuai dengan kebutuhan pelatihan karyawan.

Manfaat pemimpin memberi motivasi terhadap karyawan, yaitu:
1. Meningkatkan tingkat efisiensi karyawan
Tingkat karyawan tidak hanya bergantung pada kualifikasi dan kemampuannya.Untuk mendapatkan yang terbaik dalam karya kerjanya, keseimbangan antara kemampuan dan kemauan harus diisi sehingga membantu dalam meningkatkan tingkat kinerja karyawan.
2. Kemampuan untuk cepat tanggap dan beraksi
Dengan adanya kemampuan ini kita bisa membangun kemauan karyawan untuk bekerja. Motivasi  akan membantu perusahaan dalam mengamankan pemanfaatan sumber daya sebaik mungkin.
3. Mengarah pada stabilitas tenaga kerja
Keterampilan dan efisiensi karyawan akan selalu bermanfaat bagi karyawan maupun perusahaan. Ini akan mengarah pada citra publik yang baik di pasar yang akan menarik perhatian orang-orang yang kompeten dan berkualitas.

Ada pula tentang pemimpin yang memotivasikan karyawan dengan maksud untuk menguji apakah benar karyawan tersebut jujur terhadap perusahaan, terkadang pemimpin bisa terkecoh oleh karyawan karena pemimpin sangat memotivasikan karyawan alhasil pemimpin bisa di bohongi oleh karyawan oleh karna itu sebagai pemimpinn yang bijaksana kita juga harus berhati hati kalau memotivasikan karyawan.

Menjadi pemimpin harus membuat nyaman karyawan agar karyawan betah bekerja di perusahaan,cara agar karyawan merasa nyaman di perusahaan pertama ekspresi wajah harus selalu senyum dengan elegan terhadap karyawan, selalu ramah kepada karyawan agar karyawan merasa bahwa atasan mereka tidak sombong, memberikan ucapan selamat atau memberi tips kepada karyawan di hari yang special agar karyawan merasa bahwa pemimpinnya sangat baik, menjaga emosional di perusahan, tetap berkomunikasi dengan baik terhadap karyawan karena  kita sebagai pemimpin membutuhkan karyawan dan pemimpin harus menjaga komunikasi dengan baik.

Seorang pemimpin harus juga harus bisa mengkondisikan situasi dengan maksud agar perusahaan tetap berjalan semestinya. Mengkondisikan situasi yang di maksud tadi adalah  seperti kita sebagai pemimpin di perusahaan mempunyai masalah keluarga dan kita sebagai pemimpin jangan membawa masalah tersebut ke perusahan agar masalah tersebut tidak menggangu berjalannya karyawan saat bekerja, maka kita sebagai pemimpin harus menyelesaikan masalah keluarganya di rumah dan di selesaikan secara baik baik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline