Lihat ke Halaman Asli

Blasius Mengkaka

TERVERIFIKASI

Guru.

Hari ini Minggu Konjungsi Bulan dan Regulus

Diperbarui: 29 September 2024   07:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: Stellarium.

Hari ini, Minggu, 29 September 2024 terjadi konjungsi Bulan dan bintang Regulus. Konjungsi terjadi di rasi bintang Leo. Bisa disaksikan pada saat fajar menyingsing.

Di lokasi saya, Bulan terbit pada jam 03.08 Wita, Regulus terbit jam 03.25 Wita, Leo terbit pada jam 01.42. Sehingga, konjungsi bisa dilihat pada langit siang saat Matahari mulai terang.

Sumber gambar: Waktu Lunar.

Tetapi susah melihat dengan mata telanjang, sebaiknya gunakan Teleskop atau bisa juga dengan Aplikasi. Gambar di atas adalah fase bulan sabit tua menurut waktu Lunar pada saat konjungsi terjadi. 

Bulan berada pada fase 0,13 dengan kondisi Bulan sabit tua. Bulan berjarak 396.452 km dari Bumi. Dalam hal ini konjungsi Bulan-Regulus berarti Bulan sejajar dengan bintang Regulus di rasi Leo. Bulan adalah satelit dari Bumi. 

Sumber gambar: Star Walk 2.

Meskipun tampaknya sangat terang setelah Matahari, tetapi ia tidak punya cahaya sendiri, tetapi ia memancarkan cahaya dari Matahari. Oleh sebab itu permukaan Bulan sebenarnya tampak gelap sekali.

Astronomis

Regulus berarti raja kecil atau pangeran. Regulus adalah bintang yang berputar dan bergerak dengan sangat cepat, yaitu 15,9 jam. Regulus berjarak 77,65 tahun cahaya dari Bumi. 

Regulus. Sumber gambar: Star Walk 2.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline