Lihat ke Halaman Asli

Blasius Mengkaka

TERVERIFIKASI

Guru.

Teknologi AI untuk Pembelajaran di Kelas Tahun 2024

Diperbarui: 15 Agustus 2024   08:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Saya bersama lebih dari 200 sahabat-sahabat guru dari seluruh Indonesia mengikuti Webinar tingkat nasional melalui Zoom pada Sabtu, 10 Agustus 2024 di malam hari yang dimulai sekitar jam 19.00 WIB. 

Pematerinya adalah Adwin Kurniawan, S.Sos. Penyelenggara kegiatan ini adalah Guru Pembelajar Indonesia.com. Platform itu teregistrasi pada Komunitas Platform Merdeka Mengajar (PMM). 

Adwin adalah Team Ahli Guru Pembelajar Indonesia yang meraih beberapa Sertifikat tingkat internasional mengenai AI. Adwin Kurniawan menyajikan materi berjudul: Pemanfatan Teknologi AI Dalam Pembelajaran Tahun 2024. Presentasi dibuat selama sekitar 60 menit diselingi dengan tanya jawab bersama para peserta melalui Zoom.

Rangkuman Materi

Revolusi AI memaksa kita untuk mereformasi sistem pembelajaran dan pengajaran agar berbasis digital. Oleh sebab itu siswa dan guru perlu dibekali dengan  keterampilan digital yang etis. Siswa dan guru harus mengoperasikan AI demi kebaikan umum bersama. 

Kerangka materi presentasi terdiri atas: 1. Pendahuluan dan Tren AI Dalam Pendidikan, 2. Aplikasi AI Dalam Pembelajaran di kelas, 3. AI untuk Pembelajaran Individual dan Personalisasi, 4. Tantangan dan Solusi Dalam Implementasi AI, 5. Masa Depan AI Dalam Pendidikan dan Kesimpulan.

Saya rangkumkan hal-hal yang bisa dilaksanakan dengan bantuan AI di kelas untuk pembelajaran tahun 2024, yaitu: 

- Memahami materi dengan bantuan AI.

- Membuat RPP.

- Mengarang ceritera.

- Memperbaiki tulisan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline