Lihat ke Halaman Asli

Blasius Mengkaka

TERVERIFIKASI

Guru.

Jalan Raya Primer dan Sekunder di Timor, Jejak Kolonial Belanda di NTT

Diperbarui: 24 Agustus 2022   16:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Salah satu ruas jalan raya Kupang-Atapupu yang dibangun dari bekas jalan raya kolonial Belanda di Timor-NTT (Foto: M. Hafil/republica.co.id).

Pada tanggal 17 Agustus 2022, bangsa Indonesia merayakan Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke -77. Di waktu ini, kita layak menengok kembali jejak-jejak kolonial Belanda, utamanya jejak pembangunan jalan raya di Timor oleh kolonial Belanda  di masa lalu. 

Pembangunan jalan raya di masa kolonial Belanda telah menorehkan banyak penderitaan dan pengorbanan rakyat Timor Belanda akibat pemberlakuan wajib kerja paksa. Pembangunan jalan raya zaman Belanda adalah salah satu pusat perhatian politik pembangunan infrastruktur kolonial yang dilakukan Belanda secara besar-besaran selama politik etis di wilayah Keresidenan Timor dan pulau-pulaunya. 

Secara umum semua pembangunan jalan raya di wilayah Timor en Onderhoorigeden dilakukan dengan menggunakan tenaga wajib kerja paksa. Setiap penduduk dewasa wajib kerja paksa tidak lebih dari 30 hari selama 1 tahun. Pembangunan jalan raya dimulai oleh kolonial Belanda pada tahun 1918 sampai dengan sekitar tahun 1935. Pembangunan jalan raya kolonial Belanda ini membutuhkan waktu sekitar 14 hingga 15 tahun.

Salah satu jalan primer Kupang-Atapupu (Foto: detik.com).

Pembangunan jalan raya kolonial Belanda dari Kupang-Atapupu dilakukan sejauh 275 km. Pada waktu itu, pemerintah kolonial Belanda membagi pembangunan jalan raya atas 2 bagian besar, yaitu: jalan raya primer dan jalan raya sekunder. 

Pembangunan jalan raya primer utama adalah Kupang-Atapupu di masa pemerintahan kolonial Belanda. Jalan raya primer ini disebut Jalan Timor Tengah yang menghabiskan 576.136 gulden namun tidak selesai. Selain itu, pembangunan jalan raya Kupang-Soe sepanjang 72 Paal, sedangkan jalan raya Kupang-Atapupu sepanjang 20 Paal. 

Selain Jalan raya Kupang-Atapupu, pada tahun 1927 dibangun jalan Kupang-Baum (28 km), Kupang-Baumata (12 km), Jalan Soe-Kapan (12 m), Kefamenanu-Wini (45 km) dan Kefamenanu-Noeltoko (30 km). Jalan-jalan raya tersebut di atas disebut jalan raya primer karena terletak di wilayah-wilayah strategis pergerakan kolonial Belanda. 

Pada tahun 1927, Belanda membangun juga jalan sekunder  yakni  Jalan putar Halilulik-Belu Selatan, Tjamplung, Lelogama, Niki-Niki melalui Putain ke Besikama. Jalan raya di Timor-Belanda dibangun sepanjang 414 km baru selesai pada tahun 1935. Selain jalan raya Belanda membangun juga jembatan-jembatan dan bendungan. Kolonial Belanda menyebut jalan raya sekunder karena jaur-jalur jalan raya itu menghubungkan wilayah-wilayah pedalaman Timor-Belanda. 

Selesainya pembangunan jalan raya mendatangkan banyak dampak positif, antara lain: transportasi menjadi lancar. Jarak Kupang-Atapupu dapat dilalui dengan mobil selama 17 jam saja. Dengan transportasi yang lancar maka distribusi barang-barang produksi meningkat. Dampak positif pembangunan jalan raya lainnya selama politik etis Belanda di Timor adalah mulai meningkatkanya jumlah pendirian sekolah-sekolah kolonial dan meningkatnya jumlah para peserta didik. 

Foto masa setelah selesai perang dunia II di hutan jati Nenuk (Sumber foto: indischherinneringscentrum).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline