Lihat ke Halaman Asli

Blasius Mengkaka

TERVERIFIKASI

Guru.

Hikmah dari Deutscholympiade Region 1 NTT 2020

Diperbarui: 22 Desember 2019   06:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Para peserta Region 1 Deutscholympiade NTT 2020 berpose bersama (Dokpri)

Ajang Region 1 Deutscholympiade tingkat Provinsi NTT 2020 telah selesai digelar pada 11 November 2020. Tapi SMA Suria Atambua telah mencetak prestasi besar di tahun 2019 lalu, saat Suria menjadi juara 1 dan lolos ke babak final di Jakarta. Tetapi tahun 2020 ini, anak-anak Suria hanya mencapai peringkat 13-15, lumayan juga pencapaian tahun ini. Sebab jika dikalkulasikan dengan sekolah-sekolah swasta, Suria masih tetap sebagai salah satu SMA terbaik di tataran SMA-SMA Swasta di Region 1 NTT.

Peringkat 1 hingga peringkat 12 di Deutscholympaide Region 1 NTT diraih oleh SMA-SMA Negeri di Kota Kupang. Setelah SMA-SMA Negeri di Kupang menyusul Suria.

Apa hikmah dari Regional Deutscholympiade NTT tahun ini yang kami bisa petik? Banyak sekali hikmah yang kami dapatkan, terutama perubahan paradigma metode belajar-mengajar. Saya belajar dari ajang tahun ini bahwa ternyata, kami harus meninggalkan metode yang kami buat selama ini yakni memfokuskan diri pada pengetahuan Grammatische dan verstehen.

Metode pembelajaran untuk tata bahasa dan verstehen adalah metode dasar yang jika dipakai dalam kompetisi terasa lemah. Untuk memenangkan kompetisi internasional besar seperti Olympiade bahasa Jerman ini, kami harus berada pada tahab: menguasai, fasih dan berkeahlian/berketerampilan.

Jadi pembelajaran dengan fokus pada tata bahasa dan fokus pada memahami harus kami tingkatkan menjadi belajar untuk menguasai, fasih dan memiliki keahlian. Belajar untuk menguasai dan fasih tercermin dalam bagian sprechen. Pembelajaran untuk memiliki keterampilan tercermin dalam bagian schreiben dan hoeren. Bagian schreiben dan hoeren tidak bisa dipakai metode memahami, namun menguasai, fasih dan berkeahlian tinggi. Dalam kompetisi, bagian schreiben memiliki nilai paling tinggi dari bagian hoeren dan verstehen.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline