Lihat ke Halaman Asli

Blasius Mengkaka

TERVERIFIKASI

Guru.

Toe Malu: Tradisi Berdebat Orang Tetum-Belu-NTT

Diperbarui: 23 Juni 2015   23:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Ternyata orang Tetum, Belu-NTT telah lama memiliki tradisi berdebat. Tradisi berdebat dalam kebiasaan orang Tetun di Belu disebut Toe Malu. Dengan suara tinggi kedua pihak bertemu muka ke muka, misalnya di halaman rumah lalu mulai berdebat. Oleh karena suara mereka sangat nyaring maka seluruh isi kampung berlarian ke arah asal suara itu untuk menonton atau menjaga agar tidak terjadi perkelahian antara kedua belah pihak yang sedang Toe Malu. Suara orang yang sedang Toe Malu terdengar nyaring, terus bersambung dengan ekspresi yang sesuai dengan isi debat. Suara mereka yang terlibat Toe Malu terdengar sangat nyaring dan riuh rendah terus melengking tinggi dan bersahut-sahutan. Suasana kampung menjadi ramai oleh teriakan orang.

Kedua pihak yang berseberangan terus beradu dalam mengemukakan berbagai alasan dan bukti nyata sehingga dapat menyakinkan pihak seberang. Masalah-masalah yang menjadi topik Toe Malu ialah persoalan ternak, kebun, adat, belis, pencurian, persinahan, pembagian kekayaan, pembagian tanah atau hak ulayat, pelanggaran adat, belis, denda, dll. Lamanya Toe Malu bisa berjam-jam tanpa terputus. Selama berjam-jam, kedua pihak terlibat saling adu kekuatan suara dan mengadu kemampuan mengemukakan gagasan secara beruntun dan lancar dalam bahasa Tetun. Selanjutnya pihak yang lain, terus membalas dengan beragam alasan dan gagasan. Saling tuding menuding, saling mengadu gagasan, berjalan silih berganti.

Pengalaman menunjukkan bahwa kedua pihak yang terlibat Toe Malu tidak ada yang dinyatakan menang atau kalah. Namun dengan adanya Toe Malu, masyarakat tradisional Belu mampu memberikan rasa keseimbangan dalam hidup mereka. Persoalan menjadi lebih jernih dan terbuka untuk umum. Tidak ada rahasia yang perlu ditutupi lagi karena semuanya begitu transparan akibat saling adu argumen dengan menggunakan suara keras dan terbuka serta disaksikan oleh seluruh isi kampung atau seluruh desa.

Oleh karena kedua belah pihak membutuhkan penyelesaian yang mengandung kekuatan hukum adat, maka masalah yang diperdebatkan kedua belah pihak akhirnya perlu di bawah ke tingkat pengadilan desa atau kampung. Di pengadilan kampung, keduanya diminta keterangan secara berganti-ganti. Lalu majelis adat mulai melakukan kompromi. Hasilnya ialah kesepakatan mengenai denda yang diatur secara adil. Pihak yang bersalah memberikan denda yang besarnya ditetapkan dewan adat. Sedangkan pihak yang benar menerima denda bersama para pemuka kampung atau desa. Namun bila tidak ada yang salah atau tidak ada yang benar, maka keduanya perlu didamaikan. Perdamaian adat harus dilaksanakan setelah masing-masing pihak menyatakan menerima dan saling memaafkan, dilanjutkan dengan pemberian benda atau uang sebagai tanda perdamaian. Dalam hal ini, kepada dewan hakim kampung atau desa yang berfungsi sebagai dewan pendamai dan pemutus hukuman yang adil dan merata.

Sayangnya tradisi Toe Malu yang merupakan simbol keterbukaan dan transparansi selalu ditanggapi negatif. Padahal nilai Toe Malu ini sungguh tinggi, teristimewa agar masalah-masalah yang dihadapi manusia tidak disimpan atau dirahasiakan sendiri, namun perlu dikeluarkan dan dibahasakan secara terbuka dan disaksikan masyarakat serta dewan adat kampung atau desa. Dalam iklim Demokrasi, orang perlu berdebat demi mencapai kata sepakat. Berdebat tentu perlu seninya, bukan asal teriak apalagi sampai mengganggu ketenteraman dan kedamaian. Salah satu nilainya ialah bahwa dengan Toe Malu orang berjuang untuk mampu mengungkapkan diri, mengemukakan gagasan demi membela integritas dirinya demi mencapai keadilan, permusyawaratan, kemanusiaan, persatuan dan keharmonisan dalam hidup.

________________________________________




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline