Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya Komunikasi dalam Manajemen: Pengertian, Fungsi, dan Tujuan

Diperbarui: 6 Januari 2023   16:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Definisi Komunikasi

Untuk memberikan komunikasi, informasi, dan penyampaian hal -- hal yang penting lainnya yang paling efektif adalah dengan cara berkomunikasi. Sehingga komunikasi menjadi bagian penting yang perlu kita perhatikan dalam manajemen. Komunikasi itu bukanlah hal ataupun tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan tetapi dengan komunikasi bisa dijadikan sebagai alat bantu yang digunakan untuk mencapai tujuan yang ingin kita capai. 

Dengan adanya komunikasi juga akan terjadi atau terbentuknya hubungan yang baik antara orang -- orang yang berada dalam manajemen tersebut, karena orang -- orang tersebut adalah makhluk sosial dan pasti akan saling membutuhkan sehingga akan terjadinya interaksi timbal balik. Tanpa adanya komunikasi yang baik, kemungkinan akan terjadinya konflik internal yang bisa berpengaruh pada kinerja dan pencapaian peruasahaan.

Komunikasi memiliki hubungan erat dengan kepemimpinan, bahkan bisa dikatakan bahwa tidak ada kepemimpinan tanpa komunikasi. Apalagi syarat seorang pemimpin dalam sebuah manajemen selain harus berilmu, berwawasan kedepan,tekun, berani, jujur, ikhlas, sehat jasmani dan rohani, juga harus memiliki kemampuan berkomunikasi. 

Komunikasi dalam manajemen dilakukan oleh pimpinan, baik dengan para karyawan maupun dengan khalayak yang ada kaitannya dengan manajemen tersebut, dalam rangka mencapai tujuan yang akan dicapai. Manajemen juga memerlukan komunikasi dengan bawahan tentang tugas mereka, agar tujuan yang ingin dicapai tersebut bisa terlaksana dengan baik. Sehingga seorang pimpinan tersebut akan dapat melaksanak fungsi -- fungsi manajemen melalui interaksi dan komunikasi dengan pihak yang lainnya.

Fungsi komunikasi dalam manajemen

Terdapat empat fungsi utama komunikasi dalam manajemen, yaitu

1.Kendali

Komunikasi bertindak untuk mengendalikan perilaku anggota dalam manajemen, Mungkin bisa dengan bentuk tata tertib atau peraturan anggota. Sehingga setiap kegiatan yang dilakukan anggota harus sesuai tata tertib yang sudah ditetapkan oleh pihak perusahaan demi menghindari konflik yang mungkin saja terjadi nantinya.

2.Motivasi

Komunikasi dapat membantu perkembangan karyawan dengan memberikan motivasi agar mereka bekerja dengan baik dan dapat meningkatkan atau memperbaiki kinerja jika itu dibawah standar. Setiap angggota juga bisa memotivasi setiap anggota yang lain untuk bisa bekerja dengan baik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline