Lihat ke Halaman Asli

KKN Tematik UPi 2023: Pemasangan Plang Jalan sebagai Upaya Meningkatkan Fasilitas di Desa Genteng

Diperbarui: 31 Agustus 2023   23:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi


Dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan terkait Infrastruktur dan Inovasi sesuai Kebutuhan di Desa Genteng. Kecamatan Banjaran, Kabupaten Majalengka. Kelompok KKN Tematik Universitas Pendidikan Indonesia Tahun 2023 (KKN-T UPI) memutuskan untuk membantu masyarakat setempat untuk mendapatkan fasilitas yang dapat diakses siapapun seperti plang jalan sebagai identitas jalan di desa. Pemasangan plang jalan sebagai inovasi yang mengikuti kebutuhan dicetuskan oleh mahasiswa KKN-T UPI 2023 ini melalui diskusi yang panjang setelah melakukan observasi jalan di Desa Genteng. 

Kebingungan ini perlu diselesaikan, kami sudah berkeliling selama 3 hari tapi identitas jalan tidak ditemukan. Adapun jejak identitas seperti gapura tapi tidak semua blok memilikinya pun dengan plang jalan kayu yang tertempel dekat posko, itu rusak, dan sudah pudar. Utamanya identitas jalan itu diperlukan terutama untuk masyarakat pendatang.

Dokumentasi pribadi terkait persiapan pemasangan plang Jalan

Dokumentasi Pribadi. Proses Pemasangan Plang Jalan

Disamping untuk memberikan bantuan dalam segi peningkatan fasilitas, Mahasiswa KKN-T UPI 2023 ini sepakat dengan pemasangan plang jalan nantinya dapat dijadikan sebagai cinderamata yang dapat dinikmati, dikenang, serta diakses oleh masyarakat setempat maupun pendatang. Plang jalan yang dicanangkan sejak 30 Juli 2023 ini akhirnya didesain pada 17 Agustus 2023 oleh divisi PDD di Kelompok KKN. Pembelian alat serta bahan dilakukan sejak 18 Agustus 2023 untuk kemudian pemasangan plang jalan dilaksanakan 24 - 25 Agustus 2023 oleh Mahasiswa KKN-T UPI 2023 secara gotong royong pada malam hari setelah berbagai kegiatan terlaksana.

Dokumentasi Pribadi. Bahan Alumunium Plang Jalan

Dalam pembuatan plang jalan Mahasiswa KKN Tematik UPI 2023 sempat melakukan konsultasi kepada salah satu masyarakat terkait bahan plang. "Jangan pakai triplek, dulu sempat ada juga yang buat plang jalan bahannya dari triplek, itu bahannya tipis mudah rusak dan tulisannya mudah pudar." Ujar salah satu warga ketika berbicara dengan Fairuz, Ketua Kelompok KKNT UPI 2023. Pada akhirnya plang jalan dibuat dari bahan alumunium dengan bahan stiker reflektif yang kemudian di bor agar menyatu dengan tiang besi setinggi 2 meter. Pemasangan plang tersebut disepakati untuk ditempelkan langsung ke jalanan yang sudah diaspal dengan media cetak ember, Pemasangan plang jalan ini ditempatkan di lokasi-lokasi yang dapat dilihat oleh pejalan kaki maupun pengendara, selain itu plang jalan diletakkan di batas jalan antar blok.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline