( Capt. john Brata ATPL 760 )
8 Pebruary 2016 , saya menulis : Ok Mana landing gleser atau gabrus ?
Memang belum jelas sebab overrunnya pesawat Lion Air itu keluar landasan ? Menurut berita visibility atau jarak pandang 1 Km . Apakah visibility 1 Km itu masuk katagori minima atau bELow minima . Berapa juga ketinggian minima , landasan sudah terlihat ( run way in sight ). Penulis tidak memeiliki data , approach chart yang up date. Informasi juga tidak jelas menyebutkan berapa keceparan dan arah aingin. Hujan atau tidak ! Berapa tebal air yang melapisi landasan !
Umumnya pesawat meluncur keluar landasan , gelosor . begitu bisa ditentukan beberapa faktor. Bisa disebabkan pada saat pesawat melintasi ujung landasan agak ketinggian hingga saat touch down melewati sepertiga landasan . Bisa juga saat touch down kecepatan pesawat melebihi batas perhitungan kondisi berat pesawat. Bisa juga kaRENA kecepatan dan arah angin . Siapa tahu angin dari belakang , tail wind, melebihi batas, bisa juga kena angin samping, cross wind yang keras. Bisa juga karena alat pengereman kurang sempurna . Baik rem atau brake roda roda pendarat . Bisa juga sirip sirip yang harus keluar dibawah atau atas bagian belakang pesawat tidak berfungsi .
Atau yang paling bisa terjadi, justru habis hujan atau masih rintik rintik malah udara sudah " stabil " peswawat enak benget touch down , smooth tidak terasa . Tetapi apa mau dikata roda pesawat malah tidak " menempel " dengan permukaan landasan , artinya seperti yang saya tulis di posting sebelumnya , pesawat seakan akan " meloncat loncat " seperti saat kita melempar batu dipermukaan kolam tidak tenggelam .
Bila pesawat mengalam kejadian seperti ini , ya rem, brakes , roda roda tidak berfungsi , malah meluncur seperti ski .
Disebabkan kelas landasan dinegara kita gak naik kelas dari dulu , kerjaan penerbang saat cuaca tidak bersahabat , ya l;umayan menambah beban.
Mendaratkan pesawat di Singapura lebih nyaman. Karena kelasnya lebih " senior " pilot di guide hingga pesawat safe melewati ujung landasan ( disebut threshold ) dan control bilang : you are over the the runway ! Dan biasanya pilot sudah melihat memamng sudah diatas landasan , tinggal " close the throttle " membiarkan pesawat mencium bumi.
Maunya Pilot sih saat hujan atau landasan di info : wet oleh control tower, ya landing gaBRUS. pOSITIF LANDING BIAR BAN RODA RODA PASTI NEMPEL MENYEBABKAN BRAKING OPERATION MANTAP .pESAWAT ATAU PETAWAS SEPERTI KATA ORANG PAPUA GAK GELOSOR KELUAR LANDASAN. Nah bila pesawat berhentinya diluar landasan , ya selamat diistarahatkanlah dirumah. Gak enak kalo punya isteri galak ya di goblok goblok .Becanda mana ada istreri pilot yang galak !