Indah Sriwardani Purba
Jurusan akuntansi, fakultas ekonomi dan bisnis
Universitas sumatera utara,medan indonesia
Email: indahpurba2001@gmail.com
PERTUMBUHAN EKONOMI DIGITAL INDONESIA
Pada saat ini internet bukan hal yang asing lagi dan sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat di era digital. Internet berevolusi seiring perkembangan zaman, Awal mula adanya internet adalah untuk keperluan militer. Internet dibentuk oleh Departement Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek lembaga ARPA yang mengembangkan jaringan yang dinamakan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Perkembangan Penggunaan internet dari tahun ke tahun semakin meningkat, dengan adanya internet mempermudah mobilitas setiap orang untuk melakukan aktivitas dunia maya seperti berbelanja di online shopping tanpa harus mengeluarkan banyak tenaga dan waktu. Internet saat ini tidak hanya berfungsi untuk sekedar melakukan chatting dan mencari informasi, lebih dari itu, perkembangan internet memberi dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi di era digital sekarang ini.
Saat ini digitalisasi seluruh lini bisnis dan pemerintahan telah dilakukan. Karena pemakaian sistem digital terbukti lebih baik, hemat dan lebih murah. Terlebih lagi ekonomi digital merupakan lini yang paling pesat perkembangannya di dunia, terutama di Indonesia. Ekonomi digital adalah segala bentuk aktivitas ekonomi yang memanfaatkan bantuan teknologi informasi dan komunikasi. Hal ini termasuk kepada transaksi jual beli, marketing, dan lainnya yang dapat mempengaruhi perekonomian.
Hal ini terjadi karena digitalisasi membuat semua transaksi menjadi lebih mudah. Selain itu, prosesnya juga lebih cepat dan lebih praktis jika dibandingkan dengan transaksi konvensional. Oleh karena itu, digitalisasi ekonomi memegang peranan penting dalam pembangunan Indonesia. Digitalisasi ekonomi ini merupakan suatu terobosan yang baik. Karena dapat menghindari kasus pencurian dan pencopetan dengan transaksi cashless. Selain itu, setiap proses transaksi bakal berjalan lebih lancar, cepat dan aman. Kendati demikian, digitalisasi untuk lini ekonomi tidak selamanya memiliki efek positif. Pasalnya, ekonomi berbasis digital membutuhkan berbagai perangkat keamanan agar tidak mudah diretas oleh hacker. Karena sistem digital sangat rentan disusupi orang jahat yang bisa menguras semua asset Anda.
Dampak internet bagi pertumbuhan ekonomi yang paling terasa dalam kehidupan sehari-hari adalah adanya sistem belanja online (online shopping). belanja online kini menjadi trend di masyarakat. Banyak pelaku UMKM yang menggunakan kesempatan ini untuk memasarkan produknya hingga tembus ke mancanegara. Pesaing mereka bukan hanya nasional tetapi sudah menjajaki pasar internasional. Berdasarkan data yang dihimpun oleh China Internet Network Information Center (CINIC) pengguna aktif internet di China mencapai 802 juta atau 57,7 persen dari total populasi. Per juli 2018, penduduk China mencapai 1,3 miliar jiwa. sedangkan berdasarkan hasil survei polling Indonesia dan APJI (Asosiasi penyelenggara Jasa Internet) di Indonesia pada tahun 2018 baru menyentuh angka 171 juta jiwa. artinya penetrasi pengguna internet di tanah air menyentuh angka 64,8% dari total penduduk yang mencapai 265 juta jiwa. Tentu penetrasi pengguna internet menjadi salah satu kekuatan bagi berkembangnya online shopping di era digital ini. (kompas, 2018)
Indonesia dan China merupakan dua negara besar diantara negara-negara di Asia jika tinjau dari segi wilayah dan penduduknya. China adalah negara yang paling padat penduduknya di dunia. Sedangkan Indonesia menduduki posisi dengan penduduk terbanyak ke empat di dunia. tidak hanya menyandang predikat sebagai negara dengan populasi terbanyak di dunia. China juga ternyata menjadi negara dengan pengguna internet terbesar di dunia. Indonesia dengan penghasil Sumber Daya Alam (SDA) nya yang melimpah dan China dikenal sebagai negara dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang inovatif dan berkulitas, Jika dibandingkan kedua negara ini memiliki banyak kesamaan. China sudah lebih dahulu terjun di bidang e-commerce dibandingkan Indonesia yang baru mulai berkembang di beberapa tahun terakhir.
Ekonomi digital di Indonesia terus mengalami perkembangan yang signifikan. Hal ini dapat diketahui dari banyaknya jumlah e-commerce yang menjamur. Bahkan, beberapa di antaranya mampu berkembang pesat sehingga menjadi bisnis unicorn. Pasar e-commerce menjadi salah satu platform yang kini digandrungi oleh masyarakat di berbagai negara termasuk China dan Indonesia. Shopee, Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Blibli adalah platform e-commerce yang sangat tidak asing bagi kalangan masyarakat Indonesia yang senang melakukan belanja online. Tidak hanya itu, Facebook, Twitter dan Instagram juga merupakan bukti nyata kekuatan dari trend sosial media yang sekarang ini dijadikan pasar oleh pelaku bisnis maupun UMKM yang menggunakannya untuk bertransaksi jual beli secara online. Indonesia merupakan pasar potensial untuk bisnis digital terutama bidang e-commerce. Menurut (kominfo) perkembangan sektor ekonomi di indonesia yang memasuki era ekonomi digital juga mengubah model bisnis yang ada. Model bisnis berubah dari model bisnis lama (old model), model bisnis baru (new model) yang kini sedang berjalan (existing) dan kemudian (future model) atau model masa depan. Ekonomi digital sebagai wujud ekonomi modern berbasis teknologi merupakan termasuk kedalam model bisnis baru (new model) yang kini sedang berjalan (existing).