Lihat ke Halaman Asli

Puasa yang Menyejukkan hati

Diperbarui: 25 Juni 2015   02:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1342670735577888050

Dulur – dulur sedoyo ? kulo wonten tips kesejukan hati kangge bulan suci ramadhan .

Dari kecil sampai besar kita kan sudah di ajarkan nenek moyang atau guru kita, jika kita melakukan sesuatu yang paling utama adalah niat. Di hadist juga disebutkan :

“Sesungguhnya setiap amal perbuatan tergantung pada niatnya. Dan sesungguhnya setiap orang (akan dibalas) sesuai dengan niatnya. Barangsiapa yang hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya. Dan barangsiapa yang hijrahnya karena urusan dunia yang ingin digapainya atau karena seorang wanita yang ingin dinikahinya, maka hijrahnya sesuai dengan apa yang diniatkannya tersebut”(HR. al-Bukhāriy dan Muslim)

Sudah jelas bahwasannya niat itu yang paling utama. So, teman - teman semua jangan melalaikan niat. Pasti teman” semua juga sudah paham tetapi biasanya banyak yang melalaikannya.

Next, jangan lupa sahur kerena sahur itu sunah, kan enak kalau kita sahur dapat kenyang dan sunah ...gimana? mantap kan .

Biasanya kalau kita gag sahur tubuh kita akan loyo, yang paling parahnya mudah sekali marah.tapi jangan terlalu banyak makan / minuman yang mengandung gula akibatnya anda akan cepat lesu.

134267088711519759

Untuk mengganti olahraga pada pagi hari saran saya ganti dengan shalat dhuha + dengan membaca Al – qu`an . pokoknya sebelum dan sesudah shalat bacalah 1 lembar di al – qur`an, jika anda istiqomah ( dilakukan terus menerus ) insya allah dalam 1 bulan full anda bisa katam 1 kali.pokoknya ketika puasa jangan banyak tidur, pasti semua orang jawabnya ” kan tidur itu ibadah ”. Hehehhe

Benar tidur itu ibadah tapi perlu diketahui bahwa itu hadist lemah lho sobat... mungkin yang meriwayatkannya berfikiran bahwasannya biar kita ini tidak melakukan perbuatan yang tidak penting atau pun yang bisa mengurangi pahala kita. Maybe ?

So, banyak” lah berbuat baik dan mendekatkan diri kepada allah swt.

Eits, segera berbuka puasa jika sudah waktunya ya, jangan di tunda - tunda . sunah rosul berbukalah dengan makanan yang manis – manis, contohnya : kurma. Pokoknya jangan berlebihan ya atau istilahnya balas dendam.hehehe:D ( inget masa kecil ), nanti kalau ke kenyangen malahan ngantuk atapun menjadi males. Padahal kan di islam sudah diajarkan ” berhentilah sebelum kenyang”. Nah?

Terus ketika malam teman – teman olahraganya yaitu shalat terawih. Itu terapi yang bagus sekali di dalam tubuh kita. Kalau semua udah dilakukan jangan lupa menjaga bau giginya ya? Mentang – mentang puasa gag memperdulikan kesehatan giginya. Salah banget itu.

Nah? Kalau temen – teman mau mempraktekan tipz saya, insya allah puasa anda akan sehat selalu dan semoga amal yang dikerjakan sa`at bulan suci ramadhan di terima.amien...




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline