Lihat ke Halaman Asli

191410189 Nur Afni

UIN SULTAN MAULANA HASANUDIN BANTEN

Sasaran Pasar

Diperbarui: 23 Desember 2021   13:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Artikel ini dibuat dan dipublikasikan untuk memenuhi UAS yang diberikan oleh dosen pengampu Bapak Dr.H.Syaeful Bahri,S.Ag,MM. mata kuliah Manajemen Pemasaran.

Pasar merupakan tempat para pembisnis yang dilakukan berbagai banyak hal seperti interaksi dan aktifitas serta didalamnya meliputi penjual dan pembeli untuk memenuhi kebutuhan ataupun keinginan yang mungkin mampu bertransaksi sesuai keinginan dan kebutuhan masing masing. Pembisnis harus mengetahui aktifitas pelanggan sebelum dan sesudah menggunakan produk yang Pebisnis itu sendiri tawarkan, hal ini merupakan hal yang paling penting untuk memenangkan segmentasi pasar.

Sasaran pasar terjadi apabila sebelumnya kita bisa memahami keadaan pasar yang sesungguhnya sehingga strategi yang dilakukan untuk memasarkan produk bisnis yang dimiliki itu akan berjalan dengan baik. Terdapat beberapa jenis pasar yaitu sebagai berikut:
a.Pasar Konsumen, seseorang yang berbelanja disuatu pasar pada satu tempat atau lebih untuk membeli produk pada seorang penjual.
b.Pasar Bisnis, pembelian suatu produk atau jasa dari pihak pertama untuk dijual kembali lalu didaur ulang kembali dengan inovasi baru agar bisa mendapatkan keuntungan
c. Pasar global, beroprasi secara universal atau menyeluruh dengan perusahaan yang memiliki pasar global itu sendiri.
d.Pasar Pemerintah dan Organisasi Nirlaba, dilakukan dan dikelola olleh pemerintah atau dinas dinas dan instansi yang memili hak dalam kepemerintahan.

Nah dalam hal sasaran pasar ini perlu adanya  riset pasar kita juga bisa dengan mencari discovery yang bisa dijumpai maka setelah mencari kira dapat mengetahui kebutuhan atau barang yg sedang diminati oleh konsumen saat ini, apa yg sedang di cari para konsumen saat ini. Ini dilakukan agar produk yg kita tawarkan bisa laku di pasaran dan bisa juga untuk inovasi produk ke depannya. Bahwasanya jika kita ingin melakukan sesuatu dengan menganalisis sasaran pasar yang ada maka kita harus mengenali dulu permasalahan yang ada, tujuan yang ingin kita capai seperti apa, kemudian memprediksi solusi dari kendala-kendala yang ada. Dalam menentukan pasar yang potensial ada beberapa pendekatan atau strateginya seperti faktor yang akan terjadi serta segmentasi.

Demikian artikel ini dibuat semoga dalam artikel tersebut memberikan ilmu yang bermanfaat untuk kita semua. Tetap semangat dalam menjalankan bisnis apapun yang terjadi lakukanlah dengan baik maka kebaikanmu itu akan dibalas dengan keindahan dalam bisnis yang dijalankan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline