Lihat ke Halaman Asli

Mari Menulis

Diperbarui: 9 September 2019   08:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Apa itu menulis ? Menulis adalah sebuah kegiatan menuangkan pikiran, gagasan, dan perasaan seseorang yang diungkapkan dalam bahasa tulis. Dalam pengertian yang lain, menulis adalah kegiatan untuk menyatakan pikiran dan perasaan dalam bentuk tulisan yang dapat dipahami oleh pembaca dan berfungsi sebagai alat komunikasi secara tidak langsung.

Untuk menjadi penulis, yang dibutuhkan hanyalah kemauan keras karena menulis itu adalah keingin dari diri sendiri, orang yang hanya mempunyai kemauan untuk menulis namun tidak pernah melakukannya maka ia sama saja dengan bermimpi untuk memiliki mobil, tanpa ada usaha dan kerja keras untuk memilikinya. Mulailah dengan menuliskan hal-hal yang kau ketahui misalnya menulis tentang pengalaman dan perasaanmu sendiri .

Seringkali kita ditanya, mengapa menulis? Kita tinggal jawab saja, karena dengan menulis kita dapat menambah wawasan. Bisa jadi karena ingin menambah pemasukan, menyalurkan hobi, bahkan karena tidak ada hal lain yang bisa dilakukan. Dengan alasan-alasan tersebut, ketika seorang penulis mengayunkan penanya, dia juga mengusung tujuan-tujuan tertentu, baik bagi dirinya sendiri maupun untuk orang lain.

Menulis itu pasti harus melewati berbagai cara. Cara yang dilakukan harus secara sistematis. Pertama dalam menulis harus menemukan ide ide gagasan yang menarik sehingga dapat diminati oleh banyak pihak, sehingga tertarik membaca karya tulis kita. Kedua adaanya bukti yang valid, kecuali pada novel. Kemudian adalah tulisan , penulis dianjurkan menulis dengan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca. Dan yang terakhir adalah ilmiah, biasanya para penulis melahirkan teori-teori yang mampu menjelaskan suatu kejadian.

 Tidak hanya ini sebelum menulis yang harus dipersiapkan yaitu: yang pertama membaca, lalu motivasi, tidak hanya itu kita juga membutuhkan partner agar bisa bertukar pikiran yang berbeda-beda tersebut, lalu latihan agar terciptanya tuisan yang baik, dan terakhir adalah waktu. Menurut jenisnya suatu karya tulis dibedakan menjadi beberapa macam, diantaranya: yang pertama fiksi adalah tulisan fiksi merupakan suatu karya yang didalamnya berisikan pemikiran-pemikiran imajinatif, misalnya : novel. Yang kedua non fiksi tulisan non fiksi merupakan suatu karya informatif yang pengarangnya dapat bertanggung jawab atas kebenaran, misalnya : makalah. Yang terakhir adalah faktif  tulisan faktif merupakan suatu tulisan populer yang berdasarkan fakta, yang dikemas dengan fiks sehingga tidak membosankan, isinyapun mengalir, misalnya : biografi,autobiografi, dan deary

Ketika menulis kita pasti menemukan beberapa kendala antara lain : kendala psikologis, kendala kompetensi, kendala teknis (kurangnya membaca), kendala ekonomi.

Setelah selesai menulis kita membaca lagi dan mengoreksi meliputi tanda baca, kalimat ambigu, atau informasi yang tidak valid.

Mari kita menulis kawan agar kita agar orang di masa akan datang tahu bahwa kita pernah hidup di masa lalu..




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline