Lihat ke Halaman Asli

Laras Jayanti

Pelajar/Mahasiswa

Peran Teknologi dalam Perkembangan Dunia Pendidikan

Diperbarui: 8 Januari 2022   19:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

OLEH : I Made Pasek Dharma Saputra (2108792020101)
I Putu Yudi Pranata (2108792020113)

UNIVERSITAS MAHASARASWATI DENPASAR

         Teknologi Informasi, atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan atau menyebarkan informasi. Dapat dikatakan bahwa teknologi informasi adalah berbagai fasilitas yang terdiri dari hardware dan software untuk mendukung dan meningkatkan kualitas informasi bagi masyarakat dengan cepat dan berkualitas. Dari penjelasan singkat yang ada pastinya sudah dapat diketahui betapa pentingnya teknologi informasi ini untuk manusia terutama di bidang pendidikan. Apa sih pentingnya di teknologi bidang Pendidikan? Mari simak penjelasan dibawah ini.
           Pendidikan penting bagi kehidupan untuk meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas. Setiap negara berlomba-lomba meningkatkan kualitas pendidikan khususnya di bidang teknologi dan informasi. Menurut Prof. H. Mahmud Yunus, "Pendidikan ialah suatu usaha yang dengan sengaja dipilih untuk mempengaruhi dan membantu anak yang bertujuan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan, jasmani dan akhlak sehingga secara perlahan bisa mengantarkan anak kepada tujuan dan cita-citanya yang paling tinggi. Agar memperoleh kehidupan yang bahagia dan apa yang dilakukanya dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri, masyarakat, bangsa, negara dan agamanya".

PENTINGNYA TEKNOLOGI UNTUK PENDIDIKAN


          Tidak dapat dipungkiri jika kemajuan teknologi beserta informasi berperan penting dalam menunjang proses pendidikan. Banyak kemajuan yang terjadi di bidang pendidikan yang mana memudahkan para tenaga pendidikan serta para pelajar dalam melaksanakan proses belajar mengajar tersebut. Lalu bagaimana dengan fungsi informasi dalam pendidikan ? Jadi, dengan adanya teknologi maka proses penyampaian dan penyebaran informasi itu akan berjalan dengan cepat dan baik. Informasi ini juga yang akan digunakan sebagai media pembelajaran yang tentunya akan membawa dampak positif bagi para siswa. Media atau contoh teknologi yang dapat digunakan dalam mengakses informasi tersebut adalah laptop, ponsel pintar, ataupun komputer.
           Selain menjadi media menyebarkan informasi dalam dunia pendidikan, apalagi ya kira - kira manfaat dari teknologi itu sendiri bagi dunia pendidikan ?

1. Sebagai Media Untuk Menambah Informasi

         Tidak bisa dipungkiri jika dengan meningkatnya dan berkembangnya teknologi di era sekarang, maka banyak hal yang juga dipermudah dengan perkembangan tersebut. Salah satunya adalah kita menjadi lebih mudah dalam menambah informasi dan juga mendapat informasi dengan cepat. Kemudahan ini tentunya merupakan pengaruh dari perkembangan teknologi tersebut yang memungkinkan kita untuk mengakses banyak website, situs - situs informasi serta materi yang berhubungan dengan sekolah atau pembelajaran kita.

2. Teknologi Sebagai Akses Belajar

          Dengan adanya teknologi maka proses belajar mengajar dapat dilaksanakan dengan baik, mudah, dan juga lancar. Contohnya seperti situasi pandemi seperti saat ini yang mana pelajar melaksanakan proses belajar secara daring dan dengan kemajuan teknologi, proses pembelajaran tersebut dapat tetap berjalan dengan baik seperti melaksanakan proses pembelajaran melalui platform zoom atau google meet, dll.

3. Membantu Proses Pembelajaran Agar Lebih Menarik

           Dengan berkembangnya teknologi maka proses pembelajaran juga berkembang menjadi lebih bervariatif dan menarik. Para tenaga pengajar dapat memanfaatkan berbagai macam media untuk melaksanakan proses pembelajaran tersebut. Seperti membagikan materi melalui PowerPoint yang bisa dikreasikan dan dihias semenarik mungkin untuk dipelajari oleh para siswanya. Atau bisa juga dengan menampilkan video edukasi yang dapat ditemukan dengan mudah di Youtube sekarang ini dengan berbagai macam topik serta tema. Dengan beragam proses pembelajaran ini, maka siswa tidak akan jenuh dalam menyimak materi dan belajar.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline