Lihat ke Halaman Asli

Edi Abdullah

TERVERIFIKASI

Bekerja Sebagai Widyaiswara Pada Lembaga Administrasi Negara RI

Pentingnya Membangun Organisasi Pembelajar/Learning Organization

Diperbarui: 1 Maret 2024   12:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Edi Abdullah

Salah satu faktor untuk membangun organisasi maupun perusahaan agar bisa tetap eksis dan bersaing, adalah menciptakan kondisi di mana organisasi memiliki kemampuan untuk belajar atau dengan kata lain membangun organisasi yang dipimpinnya menjadi organisasi Pembelajar.

Hanya Organisasi Pembelajarlah yang akan mampu bertahan dan berkompetisi menghadapi perubahan yang terjadi. apa yang dimaksud dengan Organisai Pembelajar?, 

Menurut Situs Wikipedia dijelaskan bahwa Organisasi Pembelajar adalah organisasi pembelajar adalah perusahaan yang memfasilitasi pembelajaran para anggotanya dan terus menerus mentransformasikan dirinya. Konsep ini diciptakan melalui karya dan penelitian Peter Senge dan rekan-rekannya.

Sementara itu menurut Edi abdullah, Organisasi pembelajar adalah sebuah Pergerakan Organsisasi yang terus bekerja dan terus berkembang sesuai dengan perubahan yang terjadi, dengan menekankan pengembangan Kompetensi dan meningkatkan proses pelayanan dan produksi melalui Leader, Karwayan atau Pegawai serta sistem yang ada didalam organisasi.

Peter Senge dalam Bukunya The Fifth Discipline, menjelaskan bagaimana cara mewujudkan Organisasi Pembelajar, menurut Peter Senge untuk mewujudkan Organsiasi Pembelajar, maka harus melalui 5 Tahapan yakni, Mentals Model, Shared Vision, Personal Mastery, Team Learning, dan System Thinking.

Berikut ini akan diuraikan mengenai Unsur-unsur dari Organisasi Pembelajar (Learning Organization).

1. Personal Mastery

Dalam Mewujudkan Organisasai pembelajar maka sangat diperlukan personal mastery, dimana semua pegawai  maupun karyawan yang ada didalam perusahaan maupun organisasi memiliki kemampuan untuk menguasai dirinya, termasuk kemampuan untuk terus belajar dalam mengembangkan kompetensi yang dimilikinya, mengembangkan kompetensi yang terdiri dari Pengetahuan, Skill, Attitude.

Kemampuan karyawan maupun Pegawai untuk terus mau melakukan pengembangan diri akan sangat bermanfaat bagi organisasi, karena didalam organisasi maupun perusahaan sangat memerlukan skill dalam menghadapi pekembangan teknologi yang begitu pesat, beberap skill yang dibutuhkan saat ini antara lain Analytical Thinking, Creative Thinking, AI and Big data, dan lainnya

2. Shared Vision 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline