Proses perubahan dalam orgnisasi tentunya tidak bisa lepas dari pada peranan pemimpin karena itu seorang leader harus memiliki kemampuan untuk merubah orgnisasi tersebut, demikian pula dalam organisasi pemerintahan atau birokrasi melakuka perubahan yang matang dalam pelayanan diperlukan kemaun dan keuletan yang kuat karena itu dalam Pelatihan PKN 2 pemimpin diarahkan untuk mampu melakukan perubahan.
Karena itu seorang pemimpin dibekali salah satu kemampuan yakni Design Thinking yang merupakan sebuah porses pemikiran yang tersusun secara urut dan pasti untuk melahirkan dan mengaplikasikan bagaimana proses perubahan dalam organisasi.berikut ini beberapa tahapan-tahapan dari proses Design Thinking;
Pertama Emphthize, yakni merupakan sebuah proses seorang pemimpin birokrasi mampu memhami apa yang dialami organisasi yang dipimpinnya saat ini termasuk mampu merasakan apa yang diinginkan masyaraat dalam setiap pelayanan publik yang diberikannya, kemampuan Emphthize seorang Leader birokrasi tentunya memehami betul seluk beluk persolan yang ada dalam organisasi termasuk para staf yag ada didalam sejauh mana kepasitasnya serta harapan harapan para masyarakat yang membutuhkan sebuah perubahan pelayanan
Kedua Define, langka berikutnya untuk melakukan perubahan dalam birokrasi pemerintahan yakni seorang Leader atau pejabat JPT harus mampu memutuskan dan menyimpulkan kebutuhan apa yag dibutuhkan baik para anggota tim maupun masyarakat yag datang untuk meinta pelayanan publik, ketika keinginan dan kebutuhan telah diketahui seorang pemimpin maka beralih ketahapan berikutnya yakni ketiga
Ketiga Ideate, seorang leader atau Pejabat JPT setelah mempu mendefine kebutuhan masyarakat maka langka berikutnya seorang leader harus mampu mencari sebuah gagasan atau solusi untuk menyelesaikan permasalahan dan keinginan yang diinginkan masyarakat dan organisasi.
Keempat Prototype,langka berikutnya seorang leader atau pejabat JPT harus mampu mengimplemantasikan idenya tersebut dalam bentuk nyata untuk mewujudkan perubaha dlam organisasinya, implementasi dalam bentuk nyata tersebut bisa berbentuk inovasi layanan mauun aplikasi layanan yang memilii dampak besar dalam organiasai
Kelima Test merupakan suatu sikap seorang leader atau pejabat JPT untuk melakuka pengujian terhadap prodak jasa, adminisrasi ataupun barang yang merupakan wujud nyata dari perubahan inovasi yang sudah dilakukannya didalam organisasinya, dengan melakukan uji coba maka tentunya sang leader akan menemukan kelebihan maupun kekurangan dari hasil onivasinya tersebut dan emastikan apakah bisa diterima masyaraat maupun organisasi.
Demikianlah beberapa tahapan design thinking seorang leader atau pejabat JPT dalam organisasi pemerintahan untuk mewujudkan perubahan dalam birokrasi, sampai jumpa pada pembahasan berikutnya..
Penulis adalah Trainer Pejabat JPT Dan ASN
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H