Lihat ke Halaman Asli

Kebaikan Kecil Bermakna Besar

Diperbarui: 13 April 2018   09:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Dalam kehidupan manusia tidak lepas dengan yang namanya bersosial yaitu salah satunya adalah saling tolong menolong. Manusia tidak mungkin hidup sendirian dalam menjalani kehidupan di dunia ini, membutuhkan pertolongan dari orang lain.

Menolong bisa mulai dari diri sendiri yaitu menjalani segala aktivitas sesuai dengan kebutuhan seperti memenuhi segala kebutuhan untuk hidup, beribadah sesuai dengan keyakinan dari agamanya, memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya dan segala macam urusan yang berhubungan dengan diri sendiri. Dengan kebaikan yang di mulai dari sendiri seseorang dapat menumbuhkan rasa ingin membantu sesamanya.

Kebaikan tidak harus diukur dengan materi, kebaikan juga mencakup non-materi seperti membantu seseorang yang sedang membutuhkan bantuan, membuang sampah pada tempatnya, membantu orang tua, tepat waktu dan kebaikan yang lainnya. Suatu kebaikan yang ditanamkan dari sendiri dapat menumbuhkan rasa keikhlasan yang mendalam karena kebaikan sudah menjadi kebiasaannya yang  mudah untuk ditularkan kepada orang lain.

Seseorang yang sudah terbiasa dengan kebaikan yang dilakukannya tidak akan tega melihat orang lain yang sedang kesusahan sesuai dengan fitrah manusia.

Kebaikan tidak harus kepada orang kita kenal saja namun, juga orang lain yang kita tidak kenal karena pada hakikatnya manusia itu sama di hadapan Tuhan yang membedakan hanya perbuatan yang dibuat, perbuatan yang dilakukannya akan mendapat  ganjaran yang sama sesuai apa yang dilakukannya. Kebaikan yang kecil namun sering dilakukan akan menjadi kebaikan yang besar begitu pun sebaliknya. Seseorang yang suka menolong orang lain , orang lain tersebut akan selalu mengingat kebaikannya walaupun kebaikan itu kecil.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline