Lihat ke Halaman Asli

Konsep Evaluasi Pembelajaran sebagai Puncak Keberhasilan dalam Pelaksanaan Program BK

Diperbarui: 4 November 2018   14:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://2.bp.blogspot.com/-iPSFVzxOwyc/WcDIr39VH1I/AAAAAAAABds/6dmC9081eMY5fNyDRaxWk7r1bgP4HxAGwCLcBGAs/s1600/fokus-1.jpg

Sebuah penilaian dapat dikatakan sebagai langkah penting dan yang paling utama dalam manajemen program yang ada pada bimbingan konseling. Dan perlu kita ingat bahwa adanya program tanpa adanya penilaian di akhir, maka kita tidak akan mungkin mengetahui bagaimana cara dalam mengidentifikasi suatu keberhasilan terhadap pelaksanaan program yang telah disepakati dan sudah direncanakan sejak awal. 

Sehingga keberhasilan dalam program mengenai pencapaian tujuan adalah kata lain dari adanya suatu kondisi yang mana hendak dilihat dari kegiatan penelitian tersebut.

Selanjutnya terkait tentang evaluasi, yang mana bisa di artikan dengan sebuah proses dalam pengumpulan data untuk mengetahui secara rinci atas keterlaksanaan maupun ketercapaian terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan yang berguna untuk bisa mengambil keputusan. 

Sehingga bisa diketahui bahwa pengertian evaluasi adalah usaha dalam mendapatkan informasi dengan berkala, yang berkesinambungan serta tersusun secara menyeluruh dalam proses dan hasil pada perkembangan sikap maupun perilaku peserta didik, atau bisa juga diambil dari tugas sebagai proses perkembangan para peserta didik melalui program yang dilaksanakan.

Selanjutnya dari segi kriteria maupun patokan yang digunakan sebagai alat untuk menilai sebuah keberhasilan dalam pelaksanaan program maupun kegiatan layanan bk yang ada di sekolah yaitu mengacu atas terpenuhi atau tidaknya kebutuhan peserta didik serta pihak yang terkait baik secara langsung atau tidak langsung yang mana guna pihak tersebut berpartisipasi dalam membantu peserta didik untuk memperoleh sebuah perubahan baik dari segi perilaku maupun cara membangun pribadi yang memiliki attitude kearah yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

Sehingga dalam keseluruhan dari kegiatan layanan tersebut, guna penilaian disini diperlukan agar memperoleh sebuah umpan balik yang berasal dari keefektivan layanan bk yang ada. 

Dengan adanya informasi seperti ini kita dapat mengetahui bahwa sampai mana derajat dari keberhasilan yang ada pada kegiatan program tersebut. 

Sehingga kita bisa memilih jalan untuk langkah-langkah dalam sebuah tindak lanjut untuk memperbaiki serta mengembangkan program pada tahap selanjutnya. Maka dari itu kegiatan evaluasi memiliki tujuan untuk mengidentifikasi keterlaksanaan dalam kegiatan serta ketercapaian tujuan program tersebut.

Adapun beberapa fungsi dalam evaluasi program bk di sekolah yaitu, Memberikan feed back untuk konselor serta dalam hal memperbaiki dan mengembangkan program bk. Selain itu juga dapat memberikan sebuah informasi baik kepada pihak pimpinan disekolah, guru, dan orang tua terkait perkembangan peserta didik dalam segi perilaku maupun sikap, bisa juga dalam ketercapaian peserta didik tersebut terhadap tugas perkembangannya, sehingga dapat berkolaborasi dalam meningkatkan mutu implementasi program bk tersebut.

Aspek- Aspek dalam Evaluasi

Yang mana perlu kita pelajari bahwa aspek dalam kegiatan penilaian program ada dua macam, yaitu pertama, penilaian proses yaitu penilaian ini dapat digunakan untuk mengetahui sejauh mana keefektifan pada layanan bimbingan tersebut yang mana dilihat dari proses peserta didik. Sedangkan yang kedua,penilaian hasil yang dimaksud adalah penilaian ini untuk memperoleh berbagai informasi dari segi keefektifan layanan dari bimbingan yang dilihat dari sudut hasilnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline