Lihat ke Halaman Asli

Aurel Elsha

Mahasiswa

Pelatihan Program Inovasi dan Teknologi Fasilitator SOTH UNTAG SURABAYA Kecamatan Rungkut

Diperbarui: 10 September 2024   13:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa Fasilitator memaparkan materi

Fasilitator Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) UNTAG Surabaya Kecamatan Rungkut mengadakan Pelatihan Program Inovasi dan Teknologi pada Selasa (27/08/2024) di Kantor Kecamatan Rungkut. Pelatihan ini dihadiri oleh 56 Peserta dari Kader PKK yang sebelumnya telah menghadiri SOTH di Balai RW masing - masing. 

SOTH adalah sebuah sarana pendidikan informal berbasis Rukun Warga (RW) yang ditujukan untuk memperbaiki pola asuh orang tua terhadap balitanya. SOTH didirikan pertama kali pada tanggal 24 Juni 2023. SOTH bertujuan untuk 

• Meningkatkan Keterampilan Parenting

• Mendukung Perkembangan Anak

• Menguatkan Hubungan Keluarga

• Meningkatkan Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan

• Membekali Orang Tua dengan Informasi Terkini

• Memberdayakan orang tua agar dapat menjadi pendidik dan pendukung yang lebih efektifbagi anak-anak mereka, sehingga dapat menghasilkan generasi yang lebih baik di masadepan.

Dalam pelatihan ini berbagai materi telah dipaparkan oleh mahasiswa fasilitator SOTH Untag Surabaya dalam kelompok kecil. Salah satu materi yang diberikan berjudul " Tahapan Perkembangan Motorik dan Kognitif pada Anak Usia Dini " yang dibawakan oleh Asti Nabilah dan Aurellia Elsha Yolandha. Materi ini menjelaskan tentang bagaimana tahapan-tahapan perkembangan motorik dan perkembangan kognitif pada anak di masa golden age, hubungan antara keduanya, serta peran orangtua dalam mendampingi perkembangan tersebut.

Selain memberikan materi, mahasiswa fasilitator juga memperkenalkan Alat Permainan Edukatif (APE) yang bernama " Busy Board ". Busy Board adalah alat permainan yang rata - rata berukuran cukup besar dan berisikan berbagai macam benda - benda sehari-hari yang sudah tidak asing lagi bagi anak seperti saklar, lego, resleting, dan banyak lagi sehingga dapat bermanfaat untuk menunjang perkembangan motorik dan kognitif anak serta memenuhi rasa ingin tahu anak.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline